Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Indonesia di ASEAN dalam Bidang Sosial

Kompas.com - 29/09/2021, 20:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asians Nations atau berarti Perhimpunan Bangsa-angsa Asia Tenggara.

Indonesia merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang turun memberikan peran dalam berbagai bidang, salah satunya bidang sosial.

Peran Indonesia dalam bidang sosial di ASEAN

Berikut peran Indonesia di ASEAN dalam bidang sosial, yaitu:

  • Berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan

Indonesia aktif dalam kegiatan kebudayaan, contohnya keterlibatan Indonesia dalam ASEAN Cultural Heritage (ACHDA).

Dilansir dari situs resmi ASEAN Cultural Heritage, Indonesia menyumbangkan item berupa artefak dan sejarah pada ACHDA untuk berbagai kekayaan budaya, meningkatkan kesadaran, dan juga apresiasi terhadap warisan budaya ASEAN.

Baca juga: Kerja Sama Indonesia dengan Negara-negara ASEAN

  • Membantu kegiatan kemanusiaan negara yang sedang dilanda bencana

Indonesia turut serta membantu kegiatan kemanusiaan negara-negara ASEAN yang sedang dilanda bencana. Indonesia kerap menyumbang untuk membantu penanggulangan bencana di Thailand, Vietnam, Kamboja, Philipina, dan Laos.

Dikutip dari Sekretariat Nasional ASEAN, Indonesia juga memberikan bantuan kepada Myanmar untuk menanggulangi covid-19 sebesar USD 200.000.

  • Membantu penyelesaian negara yang sedang berkonflik

Indonesia secara aktif turut serta dalam penyelesaian konflik negara-negara di ASEAN, contohnya konflik Kamboja-Vietnam.

J. Soedijati Djiwandono dalam Indonesia’s Post Cold War Foreign Policy (1994) menyebutkan politik Indonesia bebas dan aktif yang tidak berpihak pada blok ideology mana pun seseungguhnya tidak identik dengan ketidakterlibatan.

Hal tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang netral dan satu-satunya negara ASEAN yang tidak terlibat dalam perang Vietnam. Kedudukan yang netral membuat Indonesia berhasil menjadi mediator antara Kamboja dan Vietnam, sehingga kedua negara tersebut berdamai.

  • Turut serta menyelenggarakan kegiatan pendidikan di kalangan anak muda

Indonesia turut serta dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan di kalangan anak muda. Contohnya adalah kegiatan pemilihan Duta Muda ASEAN, pertukaran pelajar, beasiswa ASEAN Scholarship, dan komunitas anak muda seperti ASEAN Youth Expo.

Baca juga: Contoh Kerja Sama Internasional Indonesia

  • Turut menegakan hak asasi manusia di ASEAN

Indonesia turut serta menegakan hak asasi manusia di ASEAN dengan aktif bergabung dalam AICHR. Dilansir dari situs resminya, ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR) adalah lembaya menyeluruh yang bertanggung jawab untuk pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia (HAM) di ASEAN.

AICHR memiliki 10 perwakilan yang ditunjuk dari masing-masing negara, salah satunya Indonesia. IHCR memperjuangkan penegakan HAM secara keseluruhan, baik hak anak, hak kebebasan berpendapat, hak kesehatan, dan sebagainya yang dibarengi oleh aksi kemanusiaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com