Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekerjasama atau Bekerja sama?

Kompas.com - 19/08/2021, 11:30 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber KBBI

KOMPAS.com – Isilah bekerja sama sering di dengar dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), kerja sama memiliki arti kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama.

Walaupun istilah bekerja sama sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, penulisan istilah tersebut masih sering keliru. Ada yang menuslikannya dengan bekerjasama, namun ada juga yang menuliskannya dengan bekerja sama. Manakah yang benar?

Penulisan yang benar adalah bekerja sama. Untuk mengetahui alasannya, kita harus berangkat dari kata dasarnya yaitu kata kerja sama. Kata kerja sama adalah gabungan dari dua buah kata yaitu kata kerja dan sama.

Kata tidak terikat

Untuk menentukan apakah kata kerja sama ditulis terpisah atau dirangkai, maka kita harus melihat masing-masing katanya.

Kata kerja dan sama, keduanya adalah kata yang tidak saling terikat. Artinya baik kata kerja maupun kata sama dapat digunakan secara mandiri tanpa harus terikat satu-sama lain.

Baca juga: Penulisan Kata Sandang Si dan Sang

Sriyanto dalam Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: EJAAN (2014) menyebutkan bahwa gabungan kata yang terdiri atas dua unsur atau dua kata yang tidak terikat, penulisannya harus terpisah. Hal tersebut berarti kerja sama ditulis terpisah bukannya dirangkai. Sehingga penulisan kerjasama adalah salah.

Kata kerja sama kemudian diberikan imbuhan berupa awalan ber. Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (2016) yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, gabungan kata yang penulisannya terpisah tetap ditulis terpisah jika mendapat awalan atau akhiran.

Hal tersebut berarti istilah kerja sama harus tetap ditulis terpisah jika mendapat imbuhan awal. Maka penulisan yang benar adalah bekerja sama, sedangkan penulisan bekerjasama adalah salah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com