Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahasa Daerah di Sulawesi Selatan

Kompas.com - 09/06/2021, 12:53 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi Indonesia yang ditinggali oleh berbagai macam etnis atau suku bangsa. Hal tersebut menyebabkan Sulawesi Selatan kaya akan bahasa daerah.

Dilansir dari Bahasa dan Peta bahasa di Indonesia, ada 14 bahasa daerah yang ada di Sulawesi Selatan, yaitu:

  • Bahasa Bajo

Bahasa Bajo merupakan bahasa yang digunakan Suku Bajo yang dikenal sebagai pengembara laut.

Dilansir dari Portal Informasi Indonesia, Suku Bajo berasal dari Kepulauan Sulu di Filipina Selatan yang kemudian hidup di laut lepas dan masuk ke beberapa wilayah Indonesia, salah satunya sulaweesi Selatan.

Suku Bajo menduduki dua pulau di desa Rajuni, Kabupaten Kepulauan Selayar Kecamatan Takabonerate. Bahasa Bajo memiliki tiga pengucapan atau dialek yang berbeda yaitu dialek pere, dialek kasuari, dan dialek jayabakti.

Baca juga: Keunikan Senjata Tradisional Sulawesi Selatan

  • Bahasa Bonerate

Bahasa bonerate merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat Desa Bonerate, Pasirmanu Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Bahasa Bonerate terdengar unik karena sangat berbeda dengan bahasa-bahasa daerah Sulawesi Selatan lainnya.

  • Bahasa Bugis

Bahasa Bugis digunakan oleh Suku Bugis yang merupakan etnis terbesar di Sulawesi Selatan. Bahasa bugis memiliki sangat banyak bentuk pelafalan, yang tergambar dari 27 dialeknya.

Muhammad Yusuf dalam jurnal Bahasa Bugis dan Penulisan Tafsir di Sulawesi Selatan (2012) menyebutkan bahwa bahasa Bugis memiliki aksara yang disebut aksara Lontara dengan kitab yang berisikan kesusastraan suci, mantra-mantra, dan kepercayaan mitologis.

  • Bahasa Bugis De

Bahasa Bugis De adalah bahasa daerah Sulawesi Selatan yang secara dialektis berbeda 80 hingga 90 persen dari bahasa Bugis. Bahasa Bugis De digunakan oleh masyarakat Desa Wawondula, Desa Ledu-Ledu, Desa Matano, dan desa Manurung, Luwu Timur Sulawesi Selatan.

  • Bahasa Konjo

Bahasa Konjo adalah bahasa yang berasal dari bahasa Makassar dengan dialek yang berbeda. Bahasa Konjo digunakan Suku Kajang yang bertempat tinggal di Desa Kajang Ammatoa Bulukumbu, Desa Possi Tanah Bulukumba, Desa Bira Bonto Bahari, dan Desa Ara Bontoh Bahari.

Baca juga: 3 Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan

  • Bahasa Laiyolo

Bahasa Laiyolo adalah bahasa daerah yang digunakan masyarakat Desa Laiyolo, Kepulauan Selayar Provinsi Sulawesi Selatan.

  • Bahasa Lemolang

Bahasa Lemolang adalah bahasa daerah yang digunakan masyarakat Desa Sassa Baebunta, yaitu daerah terpencil di Kabupaten Luwu Watu Sulawesi Selatan.

  • Bahasa Makassar

Bahasa Makassar adalah bahasa etnis Makassar yang masih dipergunakan hingga sekarang. Karena Suku Makssar adalah salah satu etnis besar, maka penggunaan Bahasa Makassar marak digunakan di wilayah selatan Sulawesi Selatan seperti Gowa, Kepulauan Selayar, dan Jeneponto.

  • Bahasa Mandar

Bahasa Mandar adalah bahasa daerah yang digunakan oleh Suku Mandar yang tinggal di Desa Lero Kabupate Pinrang, Sulawesi Selatan. Suku Mandar menyebar di banyak wilayah sehingga dialek bahasa Mandar juga bervariasi.

Purnama Taha dalam jurnal Reduplikasi Bahasa Mandar Dialek Banggae (2013) menyebutkan beberapa dialek bahasa Mandar adalah dialek Balanipa, Pamboang, Sendana, Mamuju, Banggae, dan Tappalang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com