Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukuran Lapangan dalam Permainan Basket

Kompas.com - 27/12/2020, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak jenis permainan bola dalam dunia olahraga. Cara bermainnya pun juga berbeda. Ada yang ditendang, ada yang dipukul dan ada juga yang dilempar.

Hampir seluruh permainan bola tersebut sering dimainkan dan dikompetisikan. Salah satunya adalah permainan basket yang dimainkan dengan cara dilempar dan digiring.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), permainan bola basket merupakan aktivitas oahraga yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing beranggotakan lima orang, dilakukan dengan memasukkan bola ke ring lawan untuk mencetak poin.

Permainan basket sering dikompetisikan, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Contohnya adalah Indonesian Basketball League (IBL) untuk di Indonesia. Sedangkan untuk tingkat internasional adalah Federation Internationale de Basketball (FIBA).

Sebenarnya permainan basket bisa dimainkan di mana saja, entah di dalam ataupun di luar ruangan. Namun, untuk pertandingan basket biasanya dilakukan di dalam ruangan.

Baca juga: Variasi Melempar dalam Permainan Bola Basket

Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi dan dipatuhi dalam permainan basket. Salah satunya adalah peraturan tentang ukuran lapangan.

Permainan basket memiliki ukuran lapangan standar. Berapakah luas lapangan permainan basket?

Dilansir dari situs MSF Sports.com, ukuran lebar lapangan baset menurut peraturan FIBA adalah 28 meter kali 15 meter.

Sedangkan untuk pertandingan basket di NBA (National Basketball Association), ukuran lapangannya adalah 28,7 meter kali 15,2 meter.

Mengutip dari situs resmi FIBA, lapangan basket harus diberikan garis penanda sepanjang 50 mm. Selain itu, di lapangan juga harus diberikan tabel poin untuk kedua tim yang sedang bertanding.

Tabel pencetak poin tersebut haruslah memiliki panjang minimal 6000 mm serta tinggi 800 mm.

Baca juga: Variasi Menangkap dalam Permainan Bola Basket 

Tabel tersebut haruslah diletakkan di sebuah tempat yang memiliki tinggi minimal 200 mm.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Permainan bola basket merupakan permainan yang gerakannya sangat kompleks, yaitu gabungan dari jalan, lari, lompat, serta unsur kekuatan, kecepatan, ketepatan, kelentukan, dan lain-lain.

Untuk melakukan gerakan-gerakan bola basket secara baik diperlukan kemampuan dasar fisik yang memadai.

Kondisi fisik yang baik akan memudahkan melakukan gerakan-gerakan yang lebih sulit (kompleks)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com