Kompas.com - 27/12/2020, 10:45 WIB
Pebasket Indonesia H Lakudu beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPebasket Indonesia H Lakudu beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

KOMPAS.com - Siapa yang tidak mengenal permainan basket? Permainan tersebut tentunya sudah tidak asing lagi karena banyak diminati oleh anak muda, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Permainan basket dimainkan oleh dua regu yang masing-masing beranggotakan lima orang.

Tujuan utama dari permainan ini adalah memasukkan bola ke ring basket lawan, untuk mencetak poin serta memenangkan pertandingan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian dari permainan basket merujuk pada pengertian bola basket.

Dalam KBBI dijelaskan jika bola basket merupakan aktivitas permainan yang melibatkan dua regu yang masing-masing beranggotakan lima orang, dilakukan dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan untuk mencetak poin.

Permainan basket kini sangat tenar dan sering dikompetisikan. Namun, dibalik tenarnya permainan basket, ada sejarah yang melatarbelakanginya.

Baca juga: Peraturan Permainan Bola Basket

Bagaimana sejarah permainan basket?

Sejarah basket

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), permainan basket ditemukan oleh James Naismith  pada 1 Desember 1891. Saat itu James Naismith bekerja intrusktur olahraga di Young Men’s Christian Association (YMCA).

Waktu itu, Naismith membuat dan merancang olahraga yang bisa dimainkan waktu musim dingin.

Ide Naismith saat itulah yang akhirnya menciptakan permainan basket yang bisa dimainkan hingga saat ini oleh semua kalangan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X