Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongeng dalam Bahasa Inggris

Kompas.com - 24/11/2020, 16:00 WIB
Risky Guswindari ,
Arum Sutrisni Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Apakah kalian pernah mendengarkan atau bahkan menyampaikan dongeng? Storytelling adalah mendongeng dalam bahasa Inggris. Simak pembahasan tentang dongeng dalam bahasa Inggris berikut ini:

Pengertian storytelling

Dikutip dari Oxford Learner’s Dictionaries, storytelling is the activity of telling or writing stories. Storytelling adalah kegiatan menyampaikan atau menuliskan cerita.

Cerita-cerita yang disampaikan bisa berupa cerita rakyat (folktale), dongeng (fairytale), dan lainnya. Kisah untuk mendongeng merupakan teks bentuk narasi (narrative text).

Kegiatan mendongeng bisa menjadi salah satu alternatif agar kegiatan di kelas menjadi lebih hidup. Storytelling juga bisa dijadikan ajang lomba bahasa Inggris untuk mengukur tingkat kemampuan bercerita kita.

Orangtua juga bisa melakukan kegiatan mendongeng di malam hari agar anak-anak mereka bisa belajar dari cerita yang didengarkan maupun agar lebih cepat terlelap.

Baca juga: Pengertian Cerita Rakyat dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

How to write a story

Storytelling merupakan salah satu bentuk narrative text. Maka struktur yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan atau menuliskannya adalah orientation, complication, dan resolution.

Selain struktur tersebut, hal lain yang perlu diperhatikan adalah narrative text menggunakan tenses dalam bentuk lampau atau past tense. Kita juga memerlukan komponen lain seperti tokoh.

Nouns juga digunakan sebagai kata ganti tokoh. Sedangkan untuk menunjukkan tindakan dan ucapan, digunakan action verbs (walked, looked, went, dan lain-lain) dan saying verbs (told, asked, dan lain-lain).

Conjunction (kata penghubung) juga penting untuk menunjukkan urutan cerita. Selain itu, dialog umum digunakan dalam sebuah narrative text untuk menunjukkan percakapan antar tokoh.

Baca juga: Mengenal Cerita Pendek dalam Bahasa Inggris

Fungsi bagian-bagian cerita

Berikut ini fungsi tiap-tiap bagian dari cerita dongeng:

  • Orientation

Bagian awal dari sebuah kisah ini berfungsi sebagai pengenalan tokoh maupun latar. Dari sini kita akan tahu siapa tokoh utama dan pendukungnya, serta bagaimana kehidupan si tokoh.

  • Complication

Bagian complication menceritakan tentang tokoh utama yang mulai menghadapi suatu masalah atau konflik.

  • Resolution

Bagian terakhir dari sebuah cerita adalah resolution. Di bagian ini menceritakan bagaimana akhirnya si tokoh dapat menyelesaikan masalah atau konflik yang terjadi padanya.

Baca juga: Mengenal Biografi dalam Bahasa Inggris

Pengaruh dialog dalam cerita

Sebuah kisah umumnya berisi narasi dan dialog (direct speech). Penulisan atau penyampaian dialog tersebut mempunyai dampak atau pengaruh terhadap sebuah cerita.

Melansir Liternauts, dialog mempunyai peran dalam sebuah cerita, di antaranya adalah mengembangkan karakter dan membawa dinamika.

Dialog dapat mengembangkan karakter. Dalam sebuah dialog, kita bisa melihat bagaimana reaksi atau suasana hati para tokoh.

Dengan begitu, setiap perubahan yang dialami oleh para tokoh bisa diamati melalui dialognya dan menjadi lebih nyata atau lebih hidup dibanding disampaikan lewat narasi.

Dialog juga membuat cerita lebih dinamis. Kita terkadang akan merasa bosan jika hanya mendengar narasinya.

Dengan dialog, kita akan tahu bagaimana cerita tersebut terus berlanjut tanpa harus membahas secara terperinci melalui sebuah narasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com