Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oogenesis dan Spermatogenesis pada Manusia dan Hewan

Kompas.com - 18/11/2020, 17:48 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masihkah kamu ingat tentang ciri-ciri makhluk hidup? Suatu organisme dinyatakan makhluk hidup jika bernafas, memerlukan makan dan minum, bergerak, tumbuh dan berkembangan, peka terhadap rangsang, dan dapat bereproduksi.

Manusia dan hewan vertebrata bereproduksi dengan cara pertemuan sel telur dan sperma. Namun sebelumnya sel telur dan sperma harus dibuat terlebih dahulu dalam tubuh. Pembuatan sel reproduksi disebut dengan gametogenesis.

Gametogenesis pada jantan disebut dengan spermatogenesis sedangkan gametogenesis pada betina disebut dengan oogenesis.

Spermatogenesis

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Tahapan Spermatogenesis

Baca juga: Rilis September, Konsol Game Sega Genesis Mini Dijual Rp 1 Jutaan

Dilansir dari PEDIAA, spermatogenesis adalah pembentukan gamet jantan yaitu sel sperma yang terjadi didalam testis. Proses spermatogenesis terjadi dalam beberapa tahap, yaitu:

  • Dilansir dari embryology.ch, spermatogenesis dimulai dari pembelahan sel yang belum matang (spermatogonia) secara mitosis selama 16 hari. Satu spermatogonia akan disimpan dan satunya lagi akan menjadi spermatogonia b.
  • Spermatogonia b akan mengalami pembelahan secara mitosis sengahasilkan sel anal yang bersifar diploid. Spermatogonia hasil mitosis kemudia tumbuh menjadi spermatosit.
  • Spermatosit kemudian mengalami pembelahan meiosis selama 24 hari dan menghasilkan dua spermatosit sekunder yang bersifat haploid atau hanya setengah identik dengan induknya.
  • Spermatosit sekunder kemudian membelah kembali secara meiosis selama beberapa jam dan menghasilkan empat spermatid.

Baca juga: Sega Genesis Bakal Lahir Kembali

  • Dilansir dari BiologyWise, spermatid kemudian mengalami pematangan dengan berkembangnya mikrotubulus pada sentriol yang kemudian membentuk ekor sperma, nukleus yang mengecil sehingga kepala sperma, dan badan basal. Setelah pematangan barulah jadi sel sperma yang siap keluar dari tubuh jantan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com