Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Struktur Organisasi ASEAN

Kompas.com - 17/07/2020, 15:23 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Tema Association of Southeast Asian Nation (ASEAN) atau Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara 2020 adalah Kohesif dan Responsif.

Di mana tema tersebut didukung oleh lima prioriotas untuk tahun 2020, yang diidentifikasi dengan tujuan untuk memenuhi tujuan jangka panjang ASEAN.

ASEAN merupakan sebuah organisasi yang dikhususkan untuk negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967b di Bangkok, Thailand.

Hal ini karena adanya keinginan kuat dari para pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera.

Baca juga: Latar Belakang Kesamaan Sejarah dalam Pembentukan ASEAN

Struktur organisasi ASEAN

Di lansir dari situs resmi Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia, berikut struktur organisasi ASEAN:

  • Koferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN

Koferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN merupakan pertemuan tingkat tinggi para kepala negara atau pemerintahan negara anggota.

KTT sebuah otoritas maupun sebuah bentuk dari kekuasaan tertinggi dari ASEAN. Di mana KTT akan melakukan pertemuan dari berbagai macam kepala negara, tujuannya untuk menemukan sebuah tujuan terhadap ASEAN di masa depan.

  • Dewan Koordinasi ASEAN

Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council) adalah pertemuan paramenteri luar negeri anggota ASEAN yang bertindak sebagai koordinator Dewan Masyarakat ASEAN.

  • Dewan Masyarakat ASEAN

Dewan Masyarakat ASEAN (ASEAN Communitu Council) adalah pertemuan para menteri yang membidangi tiga pilar masyarakat ASEAN, yaitu Pilar Politik-Keamanan, Pilar Ekonomi, dan Pilar Sosial-Budaya.

Baca juga: Sejarah Berdirinya ASEAN

  • Pertemuan Badan Sektoral Tingkat Menteri

Pertemuan Badan-Badan Sektoral Tingkat Menteri (ASEAN Sectoral Ministerial Bodies) adalah pertemuan para menteri yang membidangi setiap sektor kerja sama ASEAN.

  • Pertemuan tingkat Pejabat Tinggi ASEAN

Pertemuan tingkat Pejabat Tinggi ASEAN (ASEAN Senior Officials' Meeting) adalah pertemuan para pejabat tinggi di bawah tingkat menteri negara anggota ASEAN yang membidangi setiap sektor kerja sama ASEAN.

  • Sekretariat ASEAN

Sekretariat ASEAN adalah organ ASEAN yang berfungsi meningkatkan koordinasi antar badan ASEAN dan implementasi berbagai kegiatan dan proyek dalam kerangka kerja sama ASEAN. Sekretariat ASEAN dipimpin oleh Sekretaris Jenderal.

Sekretariat ASEAN berfungsi sebagai:

  1. Penghubung antarbadan dan komite di ASEAN
  2. Penghubung ASEAN dengan pihak eksternal, termasuk organisasi internasional.
  3. Pendukung pelaksanaan seluruh proyek dan kegiatan ASEAN secara lebih efektif.

Baca juga: Kerja Sama Indonesia dengan Negara-negara ASEAN

  • Komite Wakil Tetap ASEAN

Komite Wakil Tetap ASEAN adalah forum para duta besar atau wakil tetap negara anggota ASEAN yang diakreditasikan ke ASEAN dan berkedudukan di Jakarta, Indonesia.

  • Sekretariat Nasional

Sekretariat Nasional adalah pimpinan kegiatan tingkat nasional setiap negara ASEAN yang memiliki tugas menyimpan informasi mengenai urusan ASEAN, mengoordinasikan pelaksanaan keputusan ASEAN, serta memajukan indentitas dan kesadaran ASEAN.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com