Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latar Belakang Kesamaan Sejarah dalam Pembentukan ASEAN

Kompas.com - Diperbarui 09/04/2022, 17:31 WIB
Serafica Gischa

Penulis

Sumber ASEAN

KOMPAS.com - Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara adalah kelompok regional yang didirikan pada 8 Agustus 1967.

Awalnya ASEAN didirikan oleh Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan budaya di kawasan Asia Tenggara melalui kerja sama multilateral.

Dilansir dari situs resmi ASEAN, saat ini ASEAN dianggap sebagai salah satu organisasi antar pemerintah yang paling sukses di negara berkembang.

Sejak pendiriannya, ASEAN telah meluas hingga mencakup negara-negara Asia Tenggara lainnya untuk bergabung, seperti Brunei (1984), Vietnam (1995), Laos (1997), Myanmar (1997), dan Kamboja (1999).

Baca juga: Sejarah Berdirinya ASEAN

Selain Thailand, latar belakang kesamaan sejarah dalam pembentukan ASEAN adalah pernah dijajah bangsa-bangsa Eropa.

Berikut latar belakang pembentukan ASEAN dengan beberapa kesamaan aspek, yaitu:

Persamaan letak geografis

Salah satu latar belakang terbentuknya ASEAN karena negara-negara yang membentuk ASEAN punya kesamaan dalam letak geografis.

Indonesia dan negara ASEAN lainnya berada di kawasan Asia Tenggara. Selain itu juga terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Persamaan sejarah

Hampir semua negara-negara di kawasan Asia Tenggara pernah dijajah Bangsa Eropa, kecuali Thailand yang tidak pernah menjadi jajahan bangsa lain.

Baca juga: Letak Geografis dan Batas Wilayah ASEAN

Negara-negara yang pernah menjadi jajahan bangsa Eropa, misalnya:

  • Indonesia menjadi jajahan Belanda
  • Singapura menjadi jajahan Inggris
  • Malaysia menjadi jajahan Inggris
  • Brunei Darrussalam jajahan Inggris
  • Filipina menjadi jajahan Spanyol
  • Laos dijajah Perancis
  • Kamboja dijajah Perancis
  • Myanmar dijajah Inggris
  • Vietnam dijajah Perancis dan Amerika Serikat

Hal tersebut yang mendasari terbentuknya ASEAN atas rasa kesetiakawanan dan perasaan yang sama karena pernah dijajah oleh Bangsa Eropa.

ASEAN National Landmarkshutterstock.com ASEAN National Landmark
Persamaan budaya

Selain senasib dan berada di kawasan yang sama, negara-negara yang tergabung di ASEAN memiliki kesamaan dalam nilai-nilai dasar kebudayaan.

Sejarah mencatat bahwa negara-negara di Asia Tenggara memiliki budaya, bahasa, serta tata kehidupan dan pergaulan yang hamir sama. Hal ini karena pewaris peradaban sebelumnya antarnegara sama, yaitu rumpun Melayu Austronesia.

Baca juga: Tujuan ASEAN

Persamaan kepentingan

Terbentuknya ASEAN juga karena adanya persamaan kepentingan antarnegara. Negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki tujuan untuk bersama-sama berkontribusi dalam hal pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com