Gading Ungkap Rute Perjalanan Mammoth Sebelum Mati

Kompas.com - 22/01/2024, 09:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Peneliti berhasil menemukan rute perjalanan mammoth yang mengembara di Amerika Utara lebih dari 14.000 tahun yang lalu melalui gadingnya.

Menurut peneliti mammoth tersebut berasal dari Yukon bagian barat.

Baca juga: Seperti Apa Fakta Baru Mammoth Berbulu?

Hewan ini lantas melakukan perjalanan ratusan kilometer melalui barat laut Kanada sebelum tiba di sebuah pemukiman manusia purba yang saat ini merupakan wilayah Alaska.

Di tempat itu lah, perjalanan mammoth berakhir. Tampaknya dia dibantai oleh sekelompok pemburu-pengumpul yang kelaparan.

Kisah perjalanan epik mammoth ini didapatkan setelah tim peneliti internasional dari McMaster University, University of Alaska Fairbanks, dan University of Ottawa mempelajari gading mammoth menggunakan DNA purba dan analisis isotop.

Analisis mammoth

Mengutip IFL Science, Kamis (18/1/2024) gading lengkap ini milik seekor mammoth berbulu yang diberi nama “Élmayuujey’eh”. Makhluk itu digali bersama sisa-sisa bayi dan remaja mammoth di Swan Point, sebuah situs arkeologi di Alaska.

Analisis isotop kemudian mampu memberikan wawasan yang tepat mengenai kehidupan hewan seperti pola makan, asal geografis, dan pola migrasi.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan melihat konsentrasi isotop stabil tertentu di dalam jaringan hwan yang diambil dari lingkungan sekitarnya.

Analisis terhadap gading juga menunjukkan bahwa mammoth merupakan seekor betina dewasa yang berusia 20 tahun ketika mati sekitar 14.000 tahun yang lalu.

Ini adalah masa kritis ketika mammoth berbulu terakhir yang tersisa hidup berdampingan dengan manusia pertama yang menghuni wilayah Alaska, setidaknya selama 1000 tahun.