5 Spesies Hewan yang Baru Ditemukan Tahun 2023

Kompas.com - 30/12/2023, 19:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Selama tahun 2023, para ilmuwan menemukan sejumlah spesies hewan yang baru, yang belum pernah tercatat sebelumnya.

Berikut adalah lima dari banyak spesies yang ditemukan para ilmuwan di tahun 2023.

1. Hipposideros kingstonae

Hewan berbulu ini merupakan anggota baru dari kelompok hewan yang terdiri dari sekitar 70 spesies yang dikenal sebagai roundleaf bats atau kelelawar dengan hidung bundar.

Adapun spesies baru ini dapat dibedakan dari kerabatnya berdasarkan struktur hidung dan vokalisasinya.

Spesies ini terperangkap selama survei kelelawar di hutan hujan di semenanjung Thailand dan Malaysia.

Baca juga: Hewan Apakah yang Jadi Pemburu Terbaik?

Spesimen lain telah diidentifikasi dari Kalimantan, yang mungkin disalahartikan sebagai spesies serupa dan lebih umum.

2. Sibon irmelindicaprioae

Spesies penghuni pohon, ular pemakan siput DiCaprio (Sibon irmelindicaprioae) adalah satu dari lima ular pemakan siput yang baru dideskripsikan oleh para ilmuwan.

Penulis makalah tersebut menyatakan bahwa spesies ini diklasifikasikan sebagai hewan yang terancam punah karena sebarannya mencakup banyak wilayah luas dengan hutan yang masih alami.

Meskipun sebagian habitatnya telah diubah menjadi padang rumput, penurunan spesies ini mungkin tidak cukup cepat untuk memenuhi syarat dalam kategori terancam.

Spesies yang baru dideskripsikan diketahui dari 16 spesies di Panama dan Kolombia. Salah satunya adalah populasi terisolasi di pegunungan Cordillera Oriental di Kolombia, yang ditemukan di dataran tinggi dan memiliki pola yang sedikit berbeda, dan mungkin berubah menjadi spesies berbeda setelah analisis genetik lebih lanjut.

3. Hyloscirtus tolkieni

Hanya satu individu Hyloscirtus tolkieni, seekor katak pohon sungai, yang telah ditemukan dan ditangkap, meskipun pencarian terfokus selama penelitian lapangan awal.