Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kucing Suka Menggoyangkan Pantat Sebelum Menerkam Mangsa?

Kompas.com - 14/12/2023, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kebiasaan kucing yang unik adalah mereka suka menggoyangkan pantat sebelum menerkam mangsanya.

Belum ada penelitian formal mengenai perilaku unik ini, namun seorang ilmuwan yang mempelajari perilaku hewan mengatakan, ada beberapa gagasan tentang mengapa kucing selalu menggoyangkan pantat sebelum menyergap.

John Hutchinson, profesor biomekanik evolusioner di Royal Veterinary College di London, Inggris, mengungkapkan, menggoyangkan pantat dapat membantu menekan kaki belakang kucing ke tanah untuk memberikan tambahan gesekan (traksi) pada kucing untuk mendorong tubuh ke depan saat menerkam mangsa.

Baca juga: Dari Mana Kucing Maine Coon Berasal?

Hutchinson menambahkan, gerakan ini mungkin juga memiliki peran sensorik untuk mempersiapkan penglihatan, proprioception (kesadaran akan posisi dan gerakan seseorang), dan otot.

Menggoyangkan pantat juga bisa membuat kucing melakukan pemanasan aerobik sebelum menyergap.

Namun, Hutchinson menambahkan, tidak bisa dikesampingkan juga bahwa perilaku ini mungkin dilakukan hanya untuk bersenang-senang bagi kucing.

Baca juga: Mengenal Kucing Bombay, Satu-satunya Ras Kucing Hitam Sejati

Uniknya lagi, bukan hanya kucing peliharaan yang melakukan perilaku ini. Kucing liar, seperti singa, harimau, dan jaguar, juga menggoyangkan pantat sebelum menyerang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com