Penelitian Menduga Manusia Ratusan Tahun yang Lalu Berburu dan Makan Berang-berang

Kompas.com - 10/12/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Para peneliti menduga bahwa manusia pada masa Pleistosen Tengah hanya berburu dan memakan mamalia besar, namun penelitian baru-baru ini mengungkapkan menu makanan mereka yang tidak terduga, yakni berang-berang.

Saat memeriksa tulang 94 ekor berang-berang dari 400.000 tahun yang lalu, yang digali dari situs Bilzingsleben di Jerman, tim arkeolog menemukan sesuatu yang mereka gambarkan dalam makalah sebagai “eksploitasi berang- berang secara sistematis” oleh manusia.

Di bawah kaca pembesar dan mikroskop digital, tulang berang-berang menunjukkan tanda-tanda bekas sayatan peralatan batu. Ini merupakan suatu penemuan yang tidak biasa.

Menurut Sabine Gaudzinski-Windheuser, salah satu peneliti studi tersebut, sampai saat ini, bekas luka pada tulang berang-berang Paleolitik sangat jarang teridentifikasi dan hanya pada tulang yang terisolasi.