Studi Ungkap Manusia Purba Berburu Berang-berang untuk Dimakan

Kompas.com - 08/12/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Manusia purba ternyata memiliki pola makan yang bervariasi daripada yang diketahui sebelumnya.

Hal tersebut terungkap setelah tim peneliti dari Johannes Gutenberg University Mainz (JGU), Leibniz Zentrum für Archäologie (LEIZA) dan Leiden University, melakukan studi tulang berang-berang di Jerman bagian timur.

Baca juga: Studi Ungkap Wanita Juga Berburu di Zaman Prasejarah

Berburu berang-berang

Mengutip Science Daily, Kamis (30/11/2023) sekitar 400.000 tahun yang lalu, manusia purba berburu berang-berang sebagai sumber makanan dan kemungkinan juga untuk diambil kulitnya.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports menunjukkan bahwa manusia pada zaman Pleistosen Tengah secara sistematis memakan hewan-hewan kecil itu dan karenanya memiliki pola makan yang lebih bervariasi daripada yang diketahui sejauh ini.

Sebelumnya, ada pendapat bahwa hominin pada zaman tersebut berburu mamalia besar, seperti sapi dan badak.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kaca pembesar dan mikroskop digital untuk memeriksa tulang dari setidaknya 94 berang-berang yang berusia 400.000 tahun yang digali beberapa dekade lalu di Bilzingsleben, Thuringia.

Metode itu memungkinkan mereka menghasilkan bekas potongan peralatan batu yang mengindikasikan penggunaan intensif bangkai berang-berang.

Menariknya, sisa-sisa bangkai sebagian besar merupakan berang-berang dewasa muda.

Hal ini menunjukkan bahwa hominin pada masa itu sengaja memburu hewan yang belum berpengalaman namun sudah dewasa dan kaya lemak.

Lemak merupakan sumber makanan yang sangat penting di zaman Pleistosen.