Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Furnitur sampai Fesyen, Ini Manfaat Botol Plastik Daur Ulang

Kompas.com - 30/11/2023, 09:33 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produk dalam kemasan botol plastik sekali pakai sangat mudah dijumpai saat ini. Sayangnya, sampah kemasan botol plastik ini bisa jadi satu masalah lingkungan.

Hal umum yang diketahui adalah plastik butuh ratusan tahun untuk bisa terurai secara alami.

Baca juga: Perlu Hati-hati, Plastik Daur Ulang Mengandung Bahan Kimia Beracun

Kendati demikian, botol plastik bisa didaur ulang untuk menghindari timbulnya masalah lingkungan.

Botol plastik didaur ulang berdasarkan jenisnya

Rekosistem, sebuah rintisan di bidang pengelolaan dan pengolahan sampah, dalam emailnya kepada Kompas.com, Sabtu (21/11/2023), menjelaskan bahwa botol plastik bisa didaur ulang bergantung jenisnya.

Jika botol berjenis plastik yang mudah didaur ulang seperti PET, PP, dan PE, dan botol minim kontaminasi, botol bisa diolah jadi pelet plastik kembali (bahan dasar plastik daur ulang) sehingga mengurangi pemakaian virgin plastik.

“Untuk tipe produk kemasan plastik yang bisa dipakai kembali, seperti kemasan galon air mineral, dapat dimanfaatkan untuk didaur ulang maupun guna ulang setelah dibersihkan oleh produsen atau distributor,” kata VP Marketing & Partnership Rekosistem, Angga Adhitya dalam email tersebut

Botol plastik daur ulang menghemat energi

Dilansir dari laman This Is Plastics, daur ulang botol plastik bisa memberi manfaat bagi berbagai industri. Pelet hasil daur ulang botol plastik bisa digunakan menjadi berbagai barang.

Proses daur ulang juga memerlukan energi lebih rendah daripada produksi plastik dari awal karena plastik tidak diciptakan kembali, melainkan hanya dibentuk kembali. Daur ulang plastik membutuhkan 40 sampai 90 lebih sedikit energi daripada pembuatan plastik baru.

Baca juga: Beda Sampah Guna Ulang dan Daur Ulang

Manfaat daur ulang botol plastik bagi berbagai sektor

1. Furnitur

Contoh produk daur ulang botol plastik ialah furnitur plastik daur ulang. Botol plastik didaur ulang menjadi papan dan panel-panel besar dengan dilelehkan kembali.

Lalu, panel-panel ini diwarnai dan dipotong untuk disusun menjadi bentuk furnitur, seperti kursi, lemari, dan meja.

2. Material Bangunan

Selain itu, botol plastik juga bisa didaur ulang menjadi material bangunan ramah lingkungan dan terjangkau.

Di Amerika Serikat, industri konstruksi bangunan adalah industri kedua yang memerlukan pasokan plastik terbesar.

Plastik daur ulang disebut sebagai “material bangunan yang sempurna” karena tahan terhadap air, cuaca, dan bisa menjadi material insulasi. Botol plastik dilelehkan kembali dan diubah menjadi panel busa yang bia digunakan menjadi dinding, lantai, dan atap.

Satu panel membutuhkan 5000 botol. Hal ini tentu sangat membantu dalam mengurangi sampah botol plastik yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA).

3. Kain untuk Fesyen

Di samping itu, hasil daur ulang botol plastik saat ini sudah mulai digunakan juga dalam industri fesyen. Beberapa merek fesyen ada yang menggunakan kain yang terbuat dari daur ulang botol plastik.

Baca juga: Apa Saja Daur Ulang yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Sampah Plastik?

Namun, penelitian dan inovasi lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung pemanfaatan botol plastik dalam bidang ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com