Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Makan Es Krim Saat Sakit Tenggorokan?

Kompas.com - 16/11/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Saat sedang sakit tenggorokan, beberapa dari kita mungkin tergoda untuk makan es krim, mengingat rasanya yang manis, lembut, dan dingin.

Namun, apakah es krim bisa memperburuk sakit tenggorokan? Jika iya, apa penyebabnya?

Makan es krim saat sakit tenggorokan

Mengonsumsi es krim dapat meredakan sakit tenggorokan untuk sementara karena rasanya yang manis dan dingin sehingga memberikan sensasi menyejukkan di tenggorokan.

Namun, penyembuhan ini sering kali hanya berlangsung sebentar, dan kandungan gula yang tinggi pada sebagian besar es krim dapat meningkatkan peradangan serta menurunkan kekebalan tubuh, sehingga berpotensi memperburuk kondisi.

Penelitian menunjukkan bahwa gula tidak ideal untuk sistem kekebalan tubuh karena dapat menyebabkan peradangan dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Baca juga: Apakah Radang Tenggorokan Bisa Menular?

Asupan gula yang tinggi dapat mengurangi efektivitas sel darah putih, yang berperan penting dalam melawan penyakit. Hal ini terutama berlaku jika virus atau bakteri adalah penyebab sakit tenggorokan.

Obat alami sakit tenggorokan

Untuk meredakan sakit tenggorokan, berikut adalah cara terbaik mengobati sakit tenggorokan secara alami.

1. Minum air hangat

Cara pertama untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami adalah dengan minum minuman hangat, seperti teh.

Cairan membantu membersihkan selaput lendir, menjaga aliran, dan mencegah infeksi sinus. Suhu hangat juga dapat mengurangi batuk dengan menenangkan bagian belakang tenggorokan.

2. Berkumur dengan air garam

Anda juga bisa berkumur dengan air garam untuk meredakan gejala sakit tenggorokan. Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah, tetapi jangan ditelan, air garam tersebut setiap tiga jam untuk mengatasi sakit tenggorokan secara alami.

Baca juga: Seks Oral Tingkatkan Risiko Kanker Tenggorokan

Air garam dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi pada tenggorokan.

3. Mandi air hangat

Cara selanjutnya untuk mengobati sakit tenggorokan adalah dengan mandi air hangat.

Uap dari air hangat dapat melonggarkan lendir dan dapat melembabkan dan meredakan sakit tenggorokan. Selain itu, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh lebih rileks.

4. Istirahat

Mengistirahatkan tubuh adalah hal yang penting dilakukan saat sakit. Namun, berhati-hatilah karena berbaring telentang terkadang dapat menyebabkan pembengkakan akibat peningkatan tekanan di bagian belakang tenggorokan.

Sebagai gantinya, cobalah meninggikan bantal atau duduk bersandar atau di kursi untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat sakit tenggorokan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com