Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Mentimun dikenal dengan nama ilmiah Cucumis sativus. Mentimun adalah anggota keluarga tanaman labu kuning atau Cucurbitaceae.

Ukuran dan warna mentimun bisa sangat bervariasi bergantung varietasnya, tetapi mentimun yang paling umum berbentuk panjang, silindris, dengan kulit yang hijau cerah.

Timun banyak digunakan dalam berbagai hidangan. Rasa yang sedikit manis dengan tekstur yang renyah dan berair membuat timun lezat untuk dinikmati.

Namun, mungkin banyak dari kita yang masih bertanya-tanya, apakah mentimun termasuk buah atau sayur?

Baca juga: Kenapa Buah Rambutan Baik untuk Kesehatan?

Definisi mentimun secara botani

Dilansir dari Healthline, meskipun banyak yang menganggap mentimun sebagai sayuran, definisi ilmiahnya menunjukkan bahwa mentimun adalah sejenis buah.

Perbedaan definisi antara buah dan sayuran utamanya didasarkan pada fungsi biologis dari mentimun itu sendiri.

Dalam botani (ilmu yang mempelajari tumbuhan), buah memungkinkan tumbuhan berbunga untuk berkembang biak. Buah terbentuk dari ovarium yang ada di dalam bunga dan menampung benih yang akhirnya tumbuh menjadi tanaman baru.

Sebaliknya, “sayuran” adalah istilah yang digunakan untuk bagian lain tumbuhan, seperti daun, batang, atau akar.

Mentimun tumbuh dari bunga dan mengandung puluhan biji yang dapat digunakan untuk membudidayakan tanaman mentimun. Fungsi dasar inilah yang menjadikannya buah, bukan sayuran, menurut sains.

Baca juga: Apakah Manfaat Makan Buah dan Sayur untuk Kesehatan?

Mentimun sebagai sayuran

Banyak kebingungan seputar klasifikasi buah-buahan dan sayuran berdasarkan penggunaan kuliner.

Definisi kuliner suatu buah atau sayuran biasanya didasarkan pada profil rasa, tekstur, dan penggunaan dalam hidangan tertentu.

Buah-buahan cenderung sangat manis atau asam, dan biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus. Buah cenderung digunakan dalam hidangan seperti makanan penutup, kue kering, saus, dan smoothie yang memerlukan rasa dan tekstur seperti itu.

Di sisi lain, sayuran biasanya memiliki tekstur yang lebih keras dan umumnya memiliki rasa lebih pahit. Sayuean biasanya paling cocok untuk hidangan gurih.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Buah atau Sayur?

Dari segi rasa, mentimun berada di peringkat tengah. Teksturnya yang renyah, rasa daging bagian dalamnya yang lembut, dan rasa kulit yang sedikit pahit cocok untuk berbagai macam hidangan gurih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com