Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2023, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Hewan mempunyai berbagai bentuk dan ukuran, dari kumbang terkecil hingga paus terbesar.

Dengan begitu banyaknya variasi, manakah dari jutaan spesies hewan di bumi yang memiliki kepala terbesar? Selain itu, spesies mana yang memiliki kepala paling besar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya?

Hewan dengan kepala terbesar

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), paus biru (Balaenoptera musculus) adalah hewan terbesar yang pernah ada. Paus biru terbesar (betina) dapat tumbuh sepanjang 34 meter, dari moncong hingga ke ekor.

Dilansir dari Live Science, dengan panjang 5,5 m, tengkorak paus biru, yang luasnya kurang dari seperempat tubuhnya, merupakan tumpuan bagi kepala hewan terbesar di Bumi.

Baca juga: Apakah Semua Hewan Berkeringat?

Para ilmuwan berpendapat bahwa paus biru dan spesies paus lainnya, seperti paus kepala busur (Baena mysticetus), yang tengkoraknya bisa berukuran hingga 5m, berevolusi dengan kepala dan mulut yang besar sehingga mereka bisa makan sebanyak mungkin dalam sekali teguk.

Paus biru, paus kepala busur, dan paus balin lainnya mengonsumsi mangsa dengan cara "lunge-feeding", yaitu dengan melaju ke depan dengan mulut terbuka dan menelan mangsa dan air sebanyak yang mereka bisa.

Paus kemudian mendorong air laut keluar dari mulutnya melalui balin yang mirip bulu, yang berfungsi menangkap krill dan mangsa lainnya.

Ukuran kepala hewan dibandingkan tubuhnya

Lebih sulit lagi untuk mengetahui hewan mana yang memiliki kepala terbesar jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

Dunia hewan sangatlah luas dan mungkin terdapat jutaan spesies yang belum ditemukan oleh para ilmuwan. Selain itu, ada hewan seperti gurita, misalnya gurita dumbo (Grimpoteuthis), yang tubuhnya tidak tersusun dengan jelas sehingga sulit mengetahui bagian "kepala".

Baca juga: Mengenal Gurita Cincin Biru, Hewan Paling Beracun di Bumi

Gurita memiliki struktur mirip kepala yang disebut mantel, ditambah delapan lengan berlekuk-lekuk. Namun, mantel gurita menyimpan semua organ mereka, ditambah otak (dan setiap lengan memiliki sel saraf sendiri yang memberikan semacam pikiran pada lengan).

Dari luar, mantelnya tampak seperti kepala, tetapi karena tidak hanya menampung otak tetapi juga organ-organ lainnya, apakah bagian itu dapat dianggap sebagai kepala?

Kemudian, dunia serangga mungkin memiliki jawaban mengenai spesies mana yang memiliki kepala terbesar dibandingkan ukuran tubuh.

Bruno de Medeiros, asisten kurator serangga penyerbuk di Field Museum of Natural History di Chicago, menyebutkan beberapa serangga yang mungkin memiliki kepala terbesar.

Baca juga: 5 Hewan Paling Kuat di Bumi, Salah Satunya Anakonda

De Medeiros mengatakan serangga dengan "kepala besar dan besar yang penuh dengan otot rahang", seperti rayap tentara atau semut pemotong daun, yang kepalanya berukuean sekitar separuh tubuh mereka.

Lalu, ada serangga dengan "kepala sangat lebar", kata de Medeiros, seperti lalat bermata tangkai dalam keluarga Diopsidae.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com