Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Cula memberikan penampilan yang ikonik pada badak. Banyak pemburu yang mengincar badak untuk diambil culanya, yang diyakini (secara keliru) memiliki kekuatan penyembuhan.

Perburuan liar ini menyebabkan banyak badak kehilangan culanya sehingga mereka lebih rentan di alam liar.

Apakah cula badak bisa tumbuh lagi?

Dilansir dari Live Science, tidak seperti gading gajah yang tidak tumbuh kembali, cula badak masih tumbuh kembali.

Cula badak terbuat dari keratin, zat yang sama yang menyusun kuku dan rambut. Namun, alih-alih terbuat dari serat berongga, cula badak tumbuh berlapis-lapis dari sel-sel kulit khusus yang berlapis, yang mengalami keratinisasi, menjadi keras dan lembam, serta seluruh fungsi seluler terhenti.

Baca juga: 4 Fakta tentang Badak Jawa yang Mungkin Belum Diketahui

Rata-rata, cula badak tumbuh sekitar 2 cm setiap tahunnya, terbentuk dari banyak lapisan keratin yang berbeda. Setiap lapisan berbeda bentuk dan warna, bergantung pada faktor-faktor seperti makanan yang dimakan badak, suhu lingkungan, dan kerusakan eksternal.

Di bagian tengah cula, terdapat lapisan kalsium dan melanin, dua bahan yang membantu membuatnya lebih kuat. Sama seperti kuku kuda atau paruh kura-kura, cula badak adalah bagian yang padat.

Menurut Save The Rhino, diketahui bahwa badak menggunakan culanya untuk beberapa fungsi perilaku, termasuk mempertahankan wilayah, melindungi anak badak dari predator dan badak lain, perawatan ibu (termasuk membimbing anak badak) dan perilaku mencari makan, seperti menggali air dan mematahkan dahan.

Sementara itu, badak jantan menggunakan culanya saat terjadi perselisihan mengenai wilayah atau dominasi, sehingga perburuan cula dapat melemahkan kemampuan badak jantan untuk mempertahankan wilayah atau status.

Baca juga: Ukuran Cula Badak Menyusut Selama 130 Tahun Terakhir, Apa Alasannya?

Badak jantan juga terkadang menggunakan culanya untuk memindahkan kotorannya ke tumpukan yang menjadi batas wilayahnya.

Mengingat fungsi-fungsi tersebut, dapat dikatakan bahwa cula merupakan bagian tubuh yang penting bagi badak untuk bertahan hidup di alam liar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com