Mengapa Ada Banyak Jenis Anggrek di Dunia Ini?

Kompas.com - 01/09/2023, 06:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Anggrek adalah salah satu kelompok tanaman paling beragam di dunia, dengan lebih dari 880 genus dan 25.000 spesies.

Mengapa ada begitu banyak spesies anggrek?

Baca juga: Bagaimana Awal Mula Anggrek Bisa Tumbuh di Tanaman Lain?

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Science, para peneliti menyelidiki bagaimana spesies anggrek begitu beragam.

Teori evolusi Charles Darwin tentang anggrek "keliru"

Charles Darwin mengusulkan bahwa berbagai jenis bunga dalam tanaman anggrek berkembang secara bertahap untuk menarik penyerbuk spesifik ketika ia mempelajari anggrek sebagai model evolusi melalui seleksi alam.

Namun, dikutip dari Science Daily, Kamis (31/08/2023), penelitian yang dipimpin oleh Milner Centre for Evolution di University of Bath menemukan bahwa alih-alih berevolusi secara bertahap selama ribuan tahun, tanaman ini melakukan diversifikasi relatif cepat karena perubahan suhu global.

Suhu dingin sebabkan keberagaman spesies anggrek

Survei penelitian dengan melibatkan hampir 1500 spesies anggrek mengalami diversifikasi yang relatif cepat sebagai respons terhadap perubahan suhu global.

Temuan mereka menunjukkan bahwa sebagian besar spesies anggrek muncul dalam 10 juta tahun terakhir, seiring dengan iklim global cooling seperti yang tercatat dalam catatan geologi.

"Data kami menunjukkan bahwa anggrek mengalami peningkatan keanekaragaman dalam 10 juta tahun terakhir secara global." ujar Dr. Jamie Thompson, seorang peneliti di Milner Centre for Evolution di University of Bath.