Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Beruang Madu Bisa Berdiri Tegak Seperti Manusia?

Kompas.com - 05/08/2023, 17:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Beruang Madu ternyata memiliki kemampuan untuk berdiri tegak. Perilaku beruang berdiri seperti manusia ini direkam kamera pengunjung di sebuah kebun binatang di Hangzhou, China.

Video beruang madu berdiri tegak seperti manusia ini pun viral di media sosial, bahkan banyak pengunjung yang mengira itu manusia yang sedang mengenakan kostum beruang.

Dilansir dari CNN, Sabtu (5/8/2023), pihak kebun binatang tersebut telah membantah anggapan masyarakat bahwa video beruang tersebut merupakan manusia yang mengenakan kostum.

Video beruang madu berdiri mirip manusia itu pun tak hanya viral, tetapi juga memicu rumor dan teori konspirasi di media sosial China.

Dalam sebuah pernyataan, pejabat kebun binatang setempat mengatakan bahwa masyarakat 'tidak memahami' spesies beruang madu yang bernama Angela tersebut.

Baca juga: Beruang Hitam Berevolusi, Warna Bulunya Berubah Jadi Coklat

Beruang madu berdiri mirip manusia

Lantas, apakah beruang madu memang bisa berdiri tegak seperti yang dilakukan manusia?

Untuk menjawab ramainya isu tentang beruang madu tersebut, seorang ahi biologi satwa liar dan pendiri Pusat Konservasi Beruang Madu di Borneo, Sabah, Malaysia, Dr Wong Siew Te, seperti dilansir dari Straits Times, Kamis (3/8/2023) turut menjelaskan perilaku hewan tersebut.

Beruang madu (Helarctos malayanus) adalah spesies beruang terkecil di dunia. Ia tidak meragukan bahwa beruang madu dapat berdiri seperti manusia.

Beruang madu yang berdiri tegak dan videonya ramai di media sosial China itu, faktanya memang memiliki kemampuan untuk berjalan tegak.

Menurut Wong, kemampuan beruang madu berjalan tegak itu adalah perilaku alami mereka di alam liar.

Ia mengatakan, beruang madu yang dikenal juga dengan nama Sun Bear adalah salah satu spesies beruang yang paling sedikit dipahami.

Baca juga: Seperti Apa Beruang Prasejarah yang Ditemukan di Permafrost Siberia?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com