Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Ngengat Jantan Menarik Perhatian Betina?

Kompas.com - 04/08/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ngengat adalah jenis serangga yang masuk dalam ordo Lepidoptera. Baru-baru ini peneliti menemukan hal yang menarik mengenai bagaimana ngengat menarik perhatian lawan jenisnya.

Dikutip dari New Scientist, Rabu (2/8/2023) dalam studi, peneliti mengungkap ngengat ulat tembakau jantan mengumpulkan bahan kimia berbau manis dari bunga untuk membuat diri mereka lebih menarik, kemudian mengeluarkannya saat mereka mendekati betina.

Temuan ini memberikan wawasan mengenai ngengat jantan karena sebelumnya tidak banyak diketahui soal bagaimana ngengat menarik lawan jenisnya.

Ngengat jantan menarik betina

Coby Schal di North Carolina State University dan rekan-rekannya menemukan, ngengat ulat tembakau (Chloridea virescens) jantan yang merupakan hama pertanian utama ternyata mengumpulkan aroma tanaman yang disebut metil salisilat.

Ngengat jantan ini pun menggunakannya untuk meningkatkan keberhasilan perkawinan mereka.

Baca juga: Bagaimana Cara Jerapah Tidur?

Metil salisilat, yang digunakan ngengat ulat jantan ini ditemukan di nektar bunga dari banyak tanaman yang berbeda dan memiliki bau mint yang manis yang menarik berbagai serangga.

Ketika serangga pejantan merayu betina, mereka akan melepaskan metil salisilat dari bagian tubuh berbulu (disebut pensil bulu) mereka yang memiliki fungsi memancarkan berbagai bahan kimia untuk komunikasi.

Keberhasilan kawin seekor serangga jantan akan turun sekitar 30 persen ketika pensil bulu ini dicabut.

Sementara jantan menggunakan bagian tubuh mereka untuk memancarkan metil salisilat, ngengat betina akan mendeteksinya dengan menggunakan dua reseptor yang akan meningkatkan penerimaan seksual betina.

Perilaku serupa juga baru-baru ini diamati pada lebah anggrek (Euglossa dilema), di mana lebah jantan mengumpulkan bahan berbau wangi dari bunga anggrek dan menggunakannya untuk menarik perhatian lebah betina.

Temuan cara unik ngengat jantan menarik betina ini telah dipublikasikan di jurnal Current Biology.

Baca juga: Bagaimana Cara Paus Tidur?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com