Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Skincare yang Wajib Dipakai untuk Cegah Bahaya Polusi Udara

Kompas.com - 29/07/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - World Air Quality (IQAir) tahun 2022 melaporkan bahwa tingkat polusi udara di Indonesia termasuk salah satu yang tinggi. Bahkan, dalam laporan tersebut, Indonesia menempati urutan pertama dalam daftar negara dengan polusi tertinggi se-Asia Tenggara.

Tak hanya berpengaruh terhadap sistem pernapasan, paparan polusi udara dalam jangka waktu yang lama juga dapat berefek buruk terhadap kesehatan kulit.

Untuk melindungi kulit dari bahaya polusi udara, salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk-produk skincare atau perawatan kulit secara teratur.

Produk skincare wajib untuk cegah bahaya polusi udara

Dalam webinar bersama Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Jumat (28/7/2023), dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr. dr. Dhelya Widasmara, Sp. KK (K), FINSDV, FAADV, menjelaskan bahwa ada 3 produk skincare dasar yang wajib digunakan untuk melindungi kulit dari polusi udara.

Baca juga: 4 Bahaya Polusi Udara bagi Kesehatan Kulit Menurut Ahli

1. Sabun pencuci muka

Menurut dr. Dhelya, jika tidak rajin membersihkan wajah, pori-pori akan tersumbat oleh kotoran, debu, polusi, dan make up yang menempel.

Bakteri pun lebih mudah tumbuh pada kulit yang jarang dibersihkan sehingga dapat menimbulkan masalah, seperti jerawat.

Untuk hasil yang optimal dan mengurangi risiko ketidakcocokan, sesuai jenis sabun pencuci muka dengan jenis kulit Anda.

2. Tabir surya

dr. Dhelya menyarakan, gunakan tabir surya atau sunscreen dengan spektrum yang luas, SPF 15 atau lebih, untuk menghalau sinar UV A dan UV B.

Sebaiknya, gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar rumah agar sunscreen dapat meresap ke kulit sepenuhnya. Meski di luar sedang mendung, tetap gunakan sunscreen karena 80% sinar UV tetap bisa mencapai Bumi.

Baca juga: Dampak Polusi Udara bagi Anak-Anak

3. Pelembap

Pelembap atau moisturizer adalah formulasi topikal yang dapat mempertahankan hidrasi kulit dengan mengurangi Transepidermal Water Loss (TEWL), yakni penilaian terhadap jumlah air yang menguap dari kulit.

Pelembap tidak hanya berfungsi untuk melembapkan, tetapi juga dapat menutrisi kulit, melindungi dari polusi udara, mencegah penuaan dini, dan menjaga kulit tetap sehat.

Cara melindungi kulit dari polusi udara

Selain menggunakan produk skincare, dr. Dhelya menjelaskan, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk melindungi kulit dari efek negatif polusi udara. Cara-cara tersebut adalah:

Baca juga: 10 Penyebab Polusi Udara

  • Menjaga pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi
  • Hindari merokok dan konsumsi alkohol berlebihan
  • Gunakan lotion sesudah mandi ke seluruh tubuh
  • Pakai lipbalm

Tak hanya itu, dr. Dhelya juga menyarankan untuk memakai pakaian dengan bahan yang menyerap keringat dan berwarna cerah saat beraktivitas di luar ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com