Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2023, 22:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hewan hidup dalam kelompok yang memiliki belasan hingga puluhan anggota, tetapi ada juga hewan yang lebih senang hidup sendiri.

Hewan-hewan tersebut sangat mandiri. Mereka memilih untuk mencari makan, menjelajah wilayah, hingga melawan pemangsa sendiri.

Hewan yang hidup sendiri

Melansir AZ Animals, berikut adalah daftar beberapa hewan yang paling suka menyendiri:

1. Beruang

Beruang adalah hewan mandiri yang suka hidup sendiri. Semua spesies beruang sebagian besar memiliki gaya hidup yang tidak berkelompok.

Namun, panda dan beruang grizzly, terkadang, muncul bersama untuk kawin atau membesarkan anak-anaknya.

Baca juga: 7 Hewan Terkuat di Bumi, Salah Satunya Kumbang Kotoran

Beruang dapat melakukan perjalanan jarak jauh dan mampu beradaptasi dengan perubahan musim yang berpengaruh terhadap ketersediaan makanan.

Mereka telah berevolusi untuk mengandalkan kekuatan dan kecerdasan mereka sendiri daripada mengandalkan perlindungan beruang lain.

2. Rakun

Rakun adalah ahli dalam melakukan segala sesuatu sendiri. Mereka tidak memiliki kawanan besar untuk diandalkan sehingga terlatih untuk menggunakan solusi kreatif guna bertahan hidup.

Misalnya, rakun memiliki cakar depan yang sangat cekatan yang memungkinkan mereka untuk membawa benda, membuka sesuatu, dan banyak lagi.

Baca juga: Apakah Hewan Bisa Tertawa?

3. Penyu

Ada tujuh spesies penyu laut, semuanya hidup menyendiri di kedalaman laut dan melakukan perjalanan kilometer setiap tahun.

Meski hidup sendiri, penyu memiliki keterampilan navigasi yang sangat baik dengan akurasi yang luar biasa, meskipun mereka telah bepergian sangat jauh dan menghadapi arus laut yang bergejolak.

4. Buaya

Buaya adalah reptil yang lebih suka menjalani kehidupan menyendiri. Namun, ada beberapa spesies buaya yang hidup berkelompok.

Misalnya, buaya air asin suka hidup sendiri dan sangat teritorial. Saat pejantan bertemu dengan spesiesnya yang lain, ia akan menggeram atau mengeluarkan suara mendesis keras untuk mencegah persaingan.

Buaya adalah predator puncak yang berburu sendiri. Buaya jarang bergantung pada buaya lain untuk bertahan hidup, menjadikan mereka penyintas soliter yang mampu beradaptasi dengan baik.

Baca juga: Bagaimana Hewan Berkamuflase di Alam Liar?

5. Kungkang

Kungkang yang bergerak sangat lambat menjalani gaya hidup menyendiri dengan menghabiskan sebagian besar waktunya sendirian di puncak pohon.

Di atas puncak pohon, kungkang telah beradaptasi dengan kehidupan terpencil. Ini terbukti dengan kemampuan luar biasa kungkang untuk berbaur dengan lingkungan mereka.

Bulu lebat kungkang membantu mereka tetap tersembunyi di dahan pohon. Dengan jumlah pemangsa yang sedikit dan jauh, mereka tidak perlu bergantung pada perlindungan dari kawanan atau kelompok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com