Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2023, 14:04 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - U.S. Coast Guard telah menyatakan bahwa kapal selam Titan, yang membawa lima orang dalam perjalanan menuju ke bangkai kapal Titanic, ditemukan hancur berkeping-keping setelah mengalami "ledakan dahsyat".

Melansir Reuters, Laksamana Muda U.S. Coast Guard, John Mauger mengatakan, puing-puing kapal selam Titan ditemukan oleh kendaraan selam robot yang dikerahkan dari sebuah kapal Kanada pada Kamis pagi (22/6/2023), di dasar laut sekitar 488 meter dari haluan Titanic, 4 km di bawah permukaan, di sudut terpencil Atlantik Utara. 

Penemuan ini pun mengakhiri pencarian kapal selam Titan yang telah dilaksanakan selama lima hari. 

Lokasi bangkai kapal Titanic

Mengutip Encyclopedia Britannica, bangkai kapal Titanic, yang ditemukan pada tanggal 1 September 1985, terletak di dasar Samudera Atlantik, 4.000 meter di bawah air, dengan jarak sekitar 740 km dari Newfoundland, Kanada.

Baca juga: Mengenal Kapal Selam Titan yang Hilang Saat Menuju Bangkai Titanic

RMS Titanic tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada 15 April 1912. Kapal terbesar dan termewah di dunia ini merupakan salah satu yang paling maju secara teknologi.

Salah satu buktinya, Titanic memiliki 16 kompartemen kedap air yang dirancang agar tetap mengapung, meski dalam kondisi rusak. Hal ini menimbulkan keyakinan bahwa Titanic adalah kapal yang tidak bisa tenggelam. 

Namun, dikutip dari National Geographic, hanya empat hari dalam pelayaran perdananya, Titanic menabrak gunung es di dekat Newfoundland, Kanada. Tabrakan ini merusak kapal dan kompartemen kedap airnya.

Dengan jumlah sekoci yang terbatas, banyak penumpang yang tidak bisa keluar dari kapal. Hanya beberapa jam setelah tabrakan, Titanic pun tenggelam dengan sekitar 1.500 penumpang di dalamnya. 

Baca juga: Seperti Apa Bangkai Kapal Titanic yang Tenggelam di Laut Atlantik?

Kenapa Titanic sangat terkenal?

Sejak awal pembuatannya, Titanic telah menyita perhatian publik. Klaim sebagai kapal terbesar dan termewah di dunia, sekaligus kapal yang tidak akan tenggelam membuat nama Titanic begitu populer. 

Kisah para saksi mata dan hilangnya banyak nyawa semakin menjadikan peristiwa tenggelamnya kapal Titanic sebagai salah satu tragedi paling terkenal dalam sejarah modern. 

Setelah penemuan bangkai kapalnya, keingintahuan publik terhadap Titanic pun semakin meningkat. Daya tariknya yang bertahan lama terbukti, salah satunya, dengan kesuksesan besar film besutan James Cameron berjudul "Titanic" yang rilis pada tahun 1997 silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com