Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2023, 12:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kakek dan nenek menjadi orang yang dihormati dan dituakan dalam hubungan kekerabatan manusia.

Namun apakah hubungan kekerabatan itu hanya terbatas pada Homo sapiens saja ataukah ada hewan yang mengenal kakek nenek mereka seperti halnya yang terjadi pada manusia?

Baca juga: Ikatan Emosional Kakek-Nenek dan Cucunya Menjauhkan Depresi

Mirkka Lahdenpera, seorang ahli biologi di Universitas Turku di Finlandia mengatakan untuk sebagian besar spesies di Bumi jawabannya adalah mereka tidak mengenal kakek dan neneknya.

"Biasanya tidak ada kakek nenek lagi ketika hewan lahir. Bahkan jika rentang hidup hewan tumpang tindih dengan kakek neneknya, sebagian besar spesies menyebar untuk menghindari persaingan memperebutkan sumber daya, sehingga kemungkinan bertemua dengan kakek-nenek sangat kecil," jelasnya, seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (6/5/2023).

Kakek nenek di dunia hewan

Tapi ada beberapa pengecualian penting, terutama di antara mamalia yang hidup dalam kelompok sosial yang erat.

Dalam bukunya, 'The Social Behaviour of Older Animals' ahli zoologi Kanada Anne Innis Dagg menggambarkan kelompok lutung di India, di mana betina yang lebih tua tinggal dengan putri dan cucu mereka.

Nenek lutung memiliki tugas tertentu. Mereka secara agresif mempertahankan bayi kelompoknya dari serangan manusia, anjing, dan monyet pesaing.

Beberapa bahkan memberikan perlakukan khusus kepada cucu mereka sendiri dengan merawat dan ikut campur ketika mereka bermain terlalu kasar dengan lutung yang lebih muda lainnya.

Baca juga: Mengasuh Cucu Bisa Perpanjang Usia Kakek dan Nenek?

Banyak spesies paus juga bepergian dalam kelompok keluarga yang mencakup nenek dan cucu.

Dalam kelompok paus sperma misalnya, menurut Dagg, betina yang lebih tua atau nenek paus membantu mengasuh anak-anak kelompok tersebut. Sementara induknya menyelam untuk mencari makan.

Nenek orca bahkan akan memimpin kawanan mereka dan dapat hidup selama beberapa dekade setelah mereka berhenti bereproduksi.

Pada tahun 2015, para ilmuwan yang menulis di jurnal Current Biology menyebut nenek orca ini membantu keturunan mereka bertahan hidup selama masa-masa sulit karena mengingat semua tempat terbaik untuk hidup dan menemukan makanan.

Kawanan gajah juga terkenal matriarkal. Anak gajah biasanya dilahirkan dalam kelompok yang dipimpin oleh nenek mereka yang dapat hidup sampai usia sekitar 80 tahun.

Betina dalam kawanan membentuk ikatan yang erat dan bekerja sama untuk membesarkan anak mereka.

Studi mengenai hubungan kekerabatan hewan

Dalam studi tahun 2016 di jurnal Scientific Reports, Lahdenpera mencoba menyelidiki apakah menjadi nenek memiliki manfaat evolusioner.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com