Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pohon Zaitun yang Sering Disebut dalam Al Quran

Kompas.com - 05/04/2023, 03:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Selain kurma dan buah tin, tanaman yang sering disebut dalam Al Quran adalah pohon zaitun.

Fakta menarik pohon zaitun ternyata tanaman ini merupakan tanaman kuno, yang pertama kali didomestikasi di Mediterania Timur antara tahun 8.000 dan 6.000 tahun yang lalu, menurut sebuah studi yang dilansir dari Live Science, Rabu (5/4/2023).

Studi tentang asal-usul pohon zaitun ini pertama kali dipublikasikan di jurnal Proceedings of the Royal Society B tahun 2013 lalu.

Penelitian didasarkan pada analisis genetik dari hampir 1.900 sampel tanaman zaitun di sekitar laut Mediterania.

Lantas, seperti apakah pohon zaitun?

Dilansir dari Britannica, pohon zaitun bernama latin Olea europaea, yakni tanaman berdaun lebar subtropis dari keluarga Oleaceae, yang mana buahnya pun dapat dimakan atau dikonsumsi.

Baca juga: Mengenal Buah Delima yang Disebut dalam Al Quran

Salah satu produk dari pohon zaitun yang paling sering dimanfaatkan adalah minyak zaitun atau dikenal juga dengan olive oil, yang merupakan elemen penting dalam masakan orang-orang Mediterania.

Pohon yang sering disebutkan dalam kitab suci Al Quran ini, telah menjadi tanaman yang dimanfaatkan sejak ribuan tahun. Sebab, zaitun yang dapat dimakan ditanam di pulau Kreta pada sekitar 3.500 SM.

Orang-orang Semit tampaknya telah membudidayakan pohon zaitun sejak tahun 3000 SM.

Sejak ribuan tahun pula, minyak zaitun atau olive oil ini juga telah dihargai oleh bangsa Yunani selama masa Homer, yang digunakan untuk dibalurkan ke tubuh. Tak hanya itu, zaitun telah menjadi tanaman yang sangat penting bagi orang Romawi pada sekitar 600 SM.

Ciri pohon zaitun

Pohon zaitun memiliki tinggi berkisar antara 3-12 meter atau lebih, dan memiliki banyak cabang pohon. Daun zaitun memiliki tekstur yang kasar berwarna hijau tua di bagian atas, dan warna keperakan di bagian bawah, serta dipasangkan berseberangan di ranting.

Keunikan pohon zaitun adalah pada kayunya yang tahan terhadap pembusukan. Jika pucuk ranting mati, maka batang baru dari pohon ini akan sering muncul dari akarnya.

Baca juga: Mengenal Buah Nanas yang Kaya Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com