Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Daun Pegagan untuk Mengatasi Varises

Kompas.com - 21/10/2022, 13:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Daun pegagan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengatasi stretch mark hingga meningkatkan fungsi kognitif.

Menurut sebuah ulasan studi, daun pegagan mengandung senyawa saponin, seperti triterpenoid. Para peneliti percaya bahwa senyawa ini mungkin sebagian besar bertanggung jawab atas manfaat kesehatan daun pegagan.

Meski demikian, masih sedikit bukti ilmiah yang mendukung klaim manfaat daun pegagan.

Tinjauan studi tahun 2018 menunjukkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian sebelum komunitas medis dapat menyetujui penggunaan daun pegagan secara luas. 

Baca juga: Manfaat Daun Pegagan untuk Stretch Mark

Manfaat daun pegagan untuk varises

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, beberapa penelitian mengklaim bahwa daun pegagan dapat membantu mengobati varises dan insufisiensi vena.

Namun, dilansir dari Medical News Today, banyak dari penelitian ini berasal dari awal tahun 2000-an atau lebih awal sehingga diperlukan penelitian yang lebih mutakhir.

Misalnya, studi tahun 2001 menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi 60 mg fraksi triterpenik pegagan dua kali sehari selama 8 minggu mengalami peningkatan kesehatan pembuluh darah.

Semua peserta memiliki kondisi dengan keterlibatan vena yang signifikan, seperti hipertensi vena parah dan pembengkakan pergelangan kaki.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Pegagan Menurut Sains

Studi lain dari tahun yang sama, dan dari beberapa peneliti yang sama, juga menunjukkan hasil yang serupa.

Studi kedua menemukan bahwa ekstrak pegagan membantu mikroangiopati diabetik dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah. 

Masalah kesehatan ini memengaruhi penderita diabetes yang memiliki pembuluh darah yang sangat kecil di berbagai area tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com