Mosasaurus Bukan Dinosaurus, Ini Perbedaan Keduanya

Kompas.com - 06/10/2022, 13:37 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com - Sekitar 99,6-65,5 juta tahun lalu di Zaman Kapur ketika dinosaurus masih hidup, ada sekelompok squamata raksasa bernama mosasaurus yang hidup dan menguasai lautan.

Namun, meski hidup di zaman yang sama, mosasaurus bukanlah dinosaurus. Berikut penjelasannya.

Apa itu dinosaurus?

Untuk mengerti kenapa mosasaurus bukan dinosaurus, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu dinosaurus.

Dilansir dari situs resmi National History Museum, dinosaurus adalah sekelompok reptil yang mendominasi daratan selama 140-160 juta tahun sejak kemunculannya pada Zaman Trias (sekitar 251 juta tahun lalu).

Baca juga: Mengenal Mosasaurus, Penguasa Lautan pada Zaman Dinosaurus Hidup

Dinosaurus memiliki beragam bentuk dan ukuran, dimulai dari Microraptor yang berukuran seperti ayam modern hingga Spinosaurus yang bertubuh raksasa.

Namun, semua dinosaurus memiliki satu ciri khas yang sama, yakni kaki belakang yang tegak lurus dari tubuhnya.

Wikimedia Commons/Fred the Oyster Postur kaki tegak lurus hanya dimiliki dinosaurus

Fitur ini menjadi keunggulan tersendiri bagi dinosaurus karena mereka bisa menggunakan lebih sedikit energi untuk bergerak dibanding reptil lain yang memiliki postur tubuh membentang seperti kadal dan buaya.

Kaki yang tegak lurus juga lebih mampu menopang berat badan tubuh dinosaurus dibanding kaki yang membentang.

Bagaimana dengan mosasaurus?

Ada banyak reptil purba yang sering salah dikira sebagai dinosaurus, termasuk archosaurus dan buaya purba.

Selain itu, reptil laut seperti mosasaurus, plesiosaurus dan icthyosaurus juga tidak termasuk dinosaurus.

Pasalnya, mereka semua tidak memiliki kaki yang tegak lurus seperti dinosaurus.

Baca juga: Mengenal Mosasaurus, Penguasa Lautan pada Zaman Dinosaurus Hidup

Mosasaurus justru termasuk dalam ordo squamata yang juga menaungi kadal, ular dan komodo modern.

Nama mosasaurus sendiri memiliki arti kadal dari sungai Meuse, yang merujuk pada sungai tempat fosil mosasaurus kali pertama ditemukan.

Punah bersama

Ilustrasi asteroid yang membuat dinosaurus punah. Dulu hewan-hewan raksasa ini mendiami Bumi. Tumbukan asteroid membentuk kawah besar di Bumi, salah satunya yang ditemukan di Teluk Meksiko.Shutterstock Ilustrasi asteroid yang membuat dinosaurus punah. Dulu hewan-hewan raksasa ini mendiami Bumi. Tumbukan asteroid membentuk kawah besar di Bumi, salah satunya yang ditemukan di Teluk Meksiko.

Meski dinosaurus dan mosasaurus adalah dua kelompok reptil yang berbeda, mereka pernah hidup bersama dan punah di saat yang bersamaan.

Sekitar 65,5 juta tahun lalu pada akhir Zaman Kapur, sebuah asteroid raksasa menumbuk Bumi.

Tumbukan tersebut tidak hanya membinasakan dinosaurus, tetapi juga merusak ekosistem laut yang menjadi tempat tinggal dan sumber makanan bagi mosasaurus.

Alhasil, mosasaurus pun punah untuk selamanya dan perannya sebagai penguasa lautan digantikan oleh buaya purba.