Kompas.com - 06/10/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Peneliti menemukan hal yang menarik dalam pengamatan puluhan tahun mereka, terhadap simpanse dan gorila di alam liar Afrika Tengah.

Mereka berhasil mengungkap untuk pertama kalinya hubungan sosial yang kooperatif dan berkelanjutan dapat berkembang di antara kedua spesies tersebut.

Mengutip Science Alert, Rabu (5/10/2022) di Goualougo Triangle, wilayah konservasi di Republik Kongo, dua spesies terancam punah ini sering berpapasan.

Baca juga: Gorila dan Simpanse Terlibat Bentrok untuk Pertama Kalinya

Meski interaksi kadang berubang menjadi agresif, tapi itu jarang terjadi. Gorila dataran rendah barat (Gorilla gorilla gorilla) dan simpanse (Pan troglodytes) di bagian hutan seluas 250 kilometer persegi justru hidup berdampingan secara damai. Bahkan, mereka tampak akrab.

Biasanya kedua spesies akan berinteraksi selama sekitar satu jam. Tetapi, dalam situasi tertentu, keduanya bahkan bisa berinteraksi hampir sepanjang hari (hingga 8 jam).

Aktivitas yang dilakukan bersama mulai makan bersama, berkejaran, bergulat, bermain, dan bermain memukul satu sama lain.

Studi tentang simpanse dan gorila di tempat lain di Afrika telah melihat dua spesies berinteraksi sebelumnya, tetapi ini adalah dokumentasi formal pertama dalam jangka waktu yang lama dan dengan sangat detail.

"Sudah lama diketahui, bahwa kera ini dapat mengenali anggota individu dari spesies mereka sendiri dan membentuk hubungan jangka panjang, tetapi kami belum mengetahui bahwa ini meluas ke spesies lain," ungkap Crickette Sanz, antropolog biologi dari Washington University di St. Louis.

Selain melakukan penelitian mereka sendiri, Sanz dan rekan-rekannya juga meninjau laporan yang diterbitkan sebelumnya, tentang simpanse dan gorila antara tahun 1966 dan 2020.

Mereka menghitung 33 interaksi interspesifik yang terdokumentasi di delapan lokasi di Afrika.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.