Kompas.com - 06/10/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Peneliti menemukan hal yang menarik dalam pengamatan puluhan tahun mereka, terhadap simpanse dan gorila di alam liar Afrika Tengah.

Mereka berhasil mengungkap untuk pertama kalinya hubungan sosial yang kooperatif dan berkelanjutan dapat berkembang di antara kedua spesies tersebut.

Mengutip Science Alert, Rabu (5/10/2022) di Goualougo Triangle, wilayah konservasi di Republik Kongo, dua spesies terancam punah ini sering berpapasan.

Baca juga: Gorila dan Simpanse Terlibat Bentrok untuk Pertama Kalinya

Meski interaksi kadang berubang menjadi agresif, tapi itu jarang terjadi. Gorila dataran rendah barat (Gorilla gorilla gorilla) dan simpanse (Pan troglodytes) di bagian hutan seluas 250 kilometer persegi justru hidup berdampingan secara damai. Bahkan, mereka tampak akrab.

Biasanya kedua spesies akan berinteraksi selama sekitar satu jam. Tetapi, dalam situasi tertentu, keduanya bahkan bisa berinteraksi hampir sepanjang hari (hingga 8 jam).

Aktivitas yang dilakukan bersama mulai makan bersama, berkejaran, bergulat, bermain, dan bermain memukul satu sama lain.

Studi tentang simpanse dan gorila di tempat lain di Afrika telah melihat dua spesies berinteraksi sebelumnya, tetapi ini adalah dokumentasi formal pertama dalam jangka waktu yang lama dan dengan sangat detail.

"Sudah lama diketahui, bahwa kera ini dapat mengenali anggota individu dari spesies mereka sendiri dan membentuk hubungan jangka panjang, tetapi kami belum mengetahui bahwa ini meluas ke spesies lain," ungkap Crickette Sanz, antropolog biologi dari Washington University di St. Louis.

Selain melakukan penelitian mereka sendiri, Sanz dan rekan-rekannya juga meninjau laporan yang diterbitkan sebelumnya, tentang simpanse dan gorila antara tahun 1966 dan 2020.

Mereka menghitung 33 interaksi interspesifik yang terdokumentasi di delapan lokasi di Afrika.