Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Angin merupakan udara yang bergerak dari suhu udara yang rendah ke suhu udara yang tinggi atau dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.

Angin tidak dapat dilihat, tidak dapat dipegang, dan tidak memiliki banyak substansi, tetapi kekuatannya cukup kuat untuk membawa kapal berlayar melintasi lautan.

Proses terjadinya angin

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), angin terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara atau perbedaan suhu udara pada suatu wilayah.

Kondisi tersebut berkaitan dengan besarnya energi panas matahari yang di terima oleh permukaan Bumi. 

Pada suatu wilayah, daerah yang menerima energi panas matahari lebih besar memiliki suhu udara yang lebih panas dengan tekanan udara yang cenderung lebih rendah.

Baca juga: Jenis-jenis Angin serta Pengertian dan Proses Pembentukannya

Oleh sebab itu, terjadi perbedaan suhu dan tekanan udara antara daerah yang menerima energi panas lebih besar dengan daerah lain yang lebih sedikit menerima energi panas sehingga terbentuk aliran udara pada wilayah tersebut.

Meskipun angin tidak dapat dilihat, namun keberadaannya dapat diketahui melalui efek yang ditimbulkan pada benda-benda yang mendapat hembusan angin.

Misalnya, ketika melihat dahan pohon bergoyang atau bendera yang berkibar kita tahu bahwa ada angin yang berhembus.

Baca juga: Dari Mana Angin Berasal?

Lebih jauh, dari mana angin bertiup dan berapa kecepatannya dapat diketahui dengan menggunakan alat-alat pengukur angin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com