Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halo Prof! Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Apa yang Orangtua Harus Tahu?

Kompas.com - 31/05/2022, 19:00 WIB
Zintan Prihatini,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

 

KOMPAS.com - Kasus hepatitis akut misterius pada anak telah dikonfirmasi di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

Berbeda dengan penyakit yang diakibatkan virus hepatitis A, B, C, D, dan E yang umum terjadi, hingga kini belum diketahui pasti penyebab hepatitis akut misterius.

Adapun salah satu dugaan penyebab dari penyakit tersebut adalah infeksi adenovirus.

Adenovirus sendiri merupakan keluarga virus yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia, mulai dari flu biasa hingga infeksi saluran pencernaan.

Baca juga: 6 Dugaan Penyebab Penyakit Hepatitis Akut Anak, Apa Saja?

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dari 33 negara, ada 650 kasus dugaan hepatitis akut pada anak yang belum diketahui penyebabnya, per Jumat 27 Mei 2022.

Sejauh ini, Kementerian Kesehatan juga telah mencatat 16 kasus yang diduga merupakan hepatitis akut berat.

Lantas, apa saja yang harus diketahui orangtua dalam mewaspadai gejala hepatitis akut misterius dan mencegah penularannya?

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal tersebut, Kompas.com akan berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Anak di Primaya Evasari Hospital, dr Ria Yoanita, Sp.A, CIMI.

Dokter Ria menjalani pendidikan Nutrition and Pediatric Care e learning Harvard Medical School Teaching Hospital tahun 2020. Ia juga menempuh pendidikan Dokter Spesialis Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), tahun 2013 hingga 2017.

Baca juga: WHO Laporkan 650 Kasus yang Diduga Hepatitis Akut Misterius pada Anak

Obrolan menarik seputar hepatitis misterius pada anak ini, dapat sahabat Kompas.com saksikan secara langsung di beberapa akun resmi Kompas.com, yakni Instagram @kompascom, Facebook @kompascom, dan akun YouTube Kompas.com, pada pukul 14.00 WIB.

Dalam bincang-bincang tersebut, dr Ria akan menjelaskan terkait apa itu hepatitis akut misterius, dan bagaimana penyakit ini disebut hepatitis akut.

Tak hanya itu saja, dr Ria turut memaparkan cara mencegah hepatitis akut misterius pada anak.

Bagi Anda yang ingin ikut bertanya, bisa menuliskan pertanyaan di kolom komentar akun Instagram @kompascom dan Facebook @kompascom.

Anda juga dapat bertanya langsung saat acara Live Instagram Kompas.com yang bertajuk Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Apa yang Orangtua Harus Tahu?; pada Kamis 2 Juni 2022, pukul 16.00 WIB di akun Instagram, Facebook, dan YouTube resmi Kompas.com.

Yuk, catat tanggalnya dan jangan sampai ketinggalan ya!

Kompas.com Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Apa yang Orangtua Harus Tahu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com