Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

Kompas.com - 13/03/2022, 13:02 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Anda sedang sakit gigi karena gigi Anda berlubang? Pasti rasanya sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas harian.

Pekerjaan yang menggunung mungkin membuat Anda belum sempat ke dokter gigi untuk memeriksakan gigi Anda yang berlubang. Simak daftar obat gigi berlubang berikut ini.

Obat sakit gigi berlubang

Obat sakit gigi berlubang sebenarnya tidak akan mengobati gigi berlubang secara permanen. Gigi yang berlubang idealnya harus mendapatkan perawatan dengan ditambal atau perawatan saluran akar.

Namun, ada beberapa obat yang bisa Anda gunakan sebagai pertolongan pertama ketika sakit gigi. Obat sakit gigi berlubang ada dua macam, obat-obatan dan obat alami. Berikut ini adalah obat sakit gigi berlubang yang ampuh mengurangi rasa sakit.

1. Meminum obat penahan sakit

Terdapat banyak jenis obat pereda nyeri yang bisa dibeli secara bebas di apotek. Obat pereda nyeri yang bisa meredakan sakit gigi Anda antara lain, parasetamol, asam mefenamat, natrium diklofenak, dan ibuprofen.

2. Kumur air garam hangat

Air garam hangat termasuk pertolongan pertama pada sakit gigi. Air garam merupakan disinfektan alami yang bisa membantu meredakan sakit dengan cara mengurangi radang di gigi. Selain itu, berkumur air garam juga membantu membersihkan sisa makanan yang tertinggal di dalam lubang gigi yang bisa memperparah rasa sakit.

Cara membuat air garam hangat adalah dengan mencampur setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur beberapa kali sehari. Ingat, jangan sampai menelan air garam ini.

Baca juga: 5 Obat Sakit Gigi Alami yang Ada di Rumah

3. Kompres dingin

Kompres dingin bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Kompres dingin bekerja dengan mengecilkan pembuluh darah di sekitar area yang di kompres. Ini akan mengurangi aliran darah ke area tersebut dan mengurangi radang.

Cara kompres dingin adalah dengan membungkus es batu dengan handuk, kemudian dikompres ke pipi dekat gigi yang berlubang selama 20 menit. Anda bisa mengulangi langkah ini beberapa kali dalam sehari.

4. Menggunakan bahan-bahan alami

Terdapat beberapa herbal yang terbukti mampu mengurangi sakit gigi, contohnya bawang putih, cengkeh, dan daun jambu. Untuk menggunakan bawang putih, Anda tinggal mengunyahnya secara langsung atau menghaluskannya dan dioleskan pada gigi berlubang.

Sedangkan untuk cengkeh dan daun jambu, Anda bisa menghancurkan dan merebusnya beberapa saat. Air rebusan tadi bida digunakan sebagai obat kumur.

Itu dia obat sakit gigi berkubang yang bisa Anda coba di rumah. Jika sudah ada waktu, tetap sempatkan untuk datang ke dokter gigi agar sakitnya tidak kambuh lagi, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com