Ilmuwan Sabotase Bagian Virus Corona untuk Melawan Covid-19, Studi Jelaskan

Kompas.com - 26/02/2022, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Sekelompok ilmuwan dalam studi baru mengungkapkan telah menemukan cara melawan Covid-19, yakni dengan sabotase bagian virus corona, agar melawan dirinya sendiri.

Menurut peneliti yang dipimpin tim dari Harvard Medical School dan Boston's Children Hospital, strategi baru ini ditemukan melalui studi terhadap tikus dan sel manusia di laboratorium.

Seperti dilansir dari Independent, Sabtu (26/2/2022), metode ini bekerja dengan mengganggu keseimbangan kritis dalam produksi protein di dalam sel yang terinfeksi virus corona baru.

Pada saat sel terinfeksi virus SARS-CoV-2, maka keseimbangan terjadi antara membiarkan sel terus membuat protein penompang kehidupan mereka sendiri dan memanipulasinya untuk menghasilkan protein untuk replikasi virus.

Dalam studi yang dipublikasikan awal bulan ini di jurnal PNAS, para ilmuwan mengatakan ada dua bagian virus yang berkontribusi pada keseimbangan tersebut.

Di antaranya, protein virus yang disebut Nsp1, yang mengurangi kemampuan sel untuk membuat protein apa pun, serta segmen kecil RNA yakni materi genetik virus yang disebut stem loop 1.

Sedangkan bagian terakhir, berfungsi sebagai kartu akses untuk melewati Nsp1 dan menginstruksikan sel untuk membuat lebih banyak protein virus.

Baca juga: Ilmuwan Lakukan Eksperimen dengan Sengaja Paparkan Virus Corona pada Orang Sehat, Apa Hasilnya?

Bagian terakhir dari virus corona inilah yang menjadi target para ilmuwan untuk dijadikan senjata melawan Covid-19 dengan menyabotase bagian virus corona tersebut menyerang dirinya sendiri.

Para ilmuwan selanjutnya mengembangkan sepotong pendek molekul mirip RNA, yang disebut oligo, yang menempel pada stem loop 1 dan memblokirnya.

Dengan memblokir kartu akses tersebut, para ilmuwan mengatakan bahwa mereka dapat membuat Nsp1 untuk menghentikan produksi protein virus corona, yang nantinya akan menghambat replikasi virus.

"Begitu oligo mengikat, stem loop 1 tidak bisa bekerja lagi. Virus dimatikan oleh Nsp1-nya sendiri," kata rekan penulis studi Hao Wu di HMS dan Boston Children dalam sebuah pernyataan.

Dalam studi sabotase bagian virus corona untuk melawan Covid-19, para ilmuwan menguji metode eksperimental dalam sel manusia yang dikultur di laboratorium, dan pada tikus yang direkayasa untuk memiliki reseptor ACE2 manusia.