Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Tahun Lalu, Insulin Pertama Kali Obati Diabetes Remaja 14 Tahun

Kompas.com - 13/01/2022, 08:32 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Insulin pertama kali digunakan untuk mengobati diabetes pada 11 Januari 1922. Pada 100 tahun lalu, seorang anak remaja berusia 14 tahun, menjadi penerima suntikan insulin pertama di dunia.

Sejarah penemuan insulin telah memberikan harapan dan telah menyelamatkan jutaan nyawa di masa lalu, dari penyakit diabetes.

Dilansir dari laman Diabetes UK, Rabu (12/1/2022) insulin menjadi penemuan yang mengubah dunia dan ditemukan oleh Sir Frederick G Banting, Charles H Best serta John Macleod dari Universitas Toronto.

Para ilmuwan ini menemukan insulin pada tahun 1921, yang kemudian dimurnikan oleh James B Collip.

Sejarah perjalanan penemuan insulin tidak lah singkat. Pasalnya, sebelum tahun 1921 banyak penderita diabetes tipe 1 tidak dapat bertahan hidup lebih dari dua tahun setelah didiagnosis penyakit tersebut.

Insulin adalah terobosan di dunia medis yang terbesar di abad ke-20. Maka tak heran, jika pengobatan diabetes tipe 1 ini dianggap sebagai penemuan yang mengubah dunia dan telah membantu menyelamatkan nyawa orang-orang dengan penyakit tersebut, hingga saat ini.

Baca juga: Insulin Pecahkan Misteri Penyakit Diabetes

 

Perjalanan sejarah insulin, pertama kali dimulai pada tahun 1920. Para ilmuwan menemukan kelompok sel di pankreas, yang memproduksi insulin dan mengetahui bahwa sel-sel inilah yang dihancurkan diabetes tipe 1.

Akhirnya mereka melakukan berbagai upaya untuk mengekstrak insulin dari sel pankreas tanpa harus menghancurkannya, namun gagal.

Di tahun yang sama, ahli bedah di Kanada Frederick Banting membaca sebuah artikel yang menyatakan, bahwa sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas lebih lambat mengalami kerusakan dibandingkan jaringan pankreas lainnya.

Kemudian, dia bertemu profesor di Universitas Toronto, John Macleod dan memulai eksperimen insulin.

Pada 1921, Macleod menyediakan laboratorium bersama Banting dan seorang mahasiswanya bernama Charles Best untuk membantunya mengembangkan ekstrak insulin.

Penemuan insulin sebagai obat diabetes, dilakukan ketiga ilmuwan ini saat bereksperimen untuk menghilangkan insulin dalam pankreas anjing. Mereka mengikat saluran pankreas untuk membunuh zat lain yang akan menghancurkan insulin.

Baca juga: Pil yang Suntikkan Insulin ke Perut Tercipta, Akhir dari Jarum Suntik?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com