Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Tidur Nyenyak dan Teratur Menurut Ahli

Kompas.com - 21/11/2021, 20:13 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Sama seperti makan, tidur juga penting untuk kesehatan. Bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental.

Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan, konsentrasi dan memori yang buruk, gangguan mood, hingga terganggunya koordinasi fisik.

The Sleep Health Foundation merekomendasikan bahwa orang dewasa harus tidur selama 7-9 jam per malam.

Baca juga: Inilah Waktu Tepat Tidur Malam untuk Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Masalahnya, tak semua orang bisa melakukannya dengan mudah. Mulai dari jadwal kerja hingga gangguan tidur yang membuat orang sulit tidur nyenyak.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk memiliki rutinitas waktu tidur yang baik, untuk membantu kita tidur nyenyak, lebih cepat, dan membantu kita mendapatkan lebih banyak jam tidur, termasuk mencapai waktu tidur 7-9 jam yang direkomendasikan.

“Rutinitas sebelum tidur dapat terdiri dari berbagai aktivitas menenangkan atau teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan, visualisasi, dan teknik otot,” kata Dr. Verena Senn, Neurobiologist dan Head of Sleep Research di Emma The Sleep Company, merek kasur asal Jerman yang saat ini telah masuk ke Indonesia.

Untuk membantu tidur nyenyak dan lebih cepat, Senn merekomendasikan tujuh cara berikut ini:

1. Latih teknik relaksasi dan latihan-latihan yang dapat mengurangi stres

Banyak penelitian menunjukkan, bahwa teknik relaksasi seperti pernapasan, visualisasi dan teknik otot dapat membantu untuk tertidur lebih cepat dan mendapatkan tidur nyenyak.

Selain itu, metode relaksasi tradisional seperti Tai chi dan berlatih Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) membantu untuk menghilangkan stres dan mempermudah untuk tertidur.

2. Atur jadwal tidur

Anda dapat menentukan waktu terbaik untuk tidur berdasarkan kapan Anda harus bangun di pagi hari, kemudian menghitung mundur 7 hingga 9 jam. Itu adalah durasi waktu tidur yang disarankan, agar Anda terbangun dalam kondisi prima keesokan harinya.

3. Minum teh

Minum secangkir teh bisa menjadi rutinitas sebelum tidur yang sehat bagi Anda untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Mengutip The Sleep Foundation, jenis teh terbaik untuk diminum sebelum tidur adalah lavender, chamomile, lemon balm, dan passionflower.

Baca juga: 8 Cara Cepat Tidur Bagi Penderita Insomnia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com