Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2021, 17:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Anaconda merupakan ular bertubuh besar yang termasuk dalam genus Eunectes.

Umumnya, anaconda hidup di wilayah tropis di Amerika Selatan. Sungai Amazon merupakan salah satu habitat bagi ular besar ini.

Di habitatnya, ular anaconda merupakan predator yang memiliki jangkauan mangsa yang luas, mulai dari hewan air kecil hingga mamalia besar.

Jenis-jenis anaconda

Dilansir dari World Atlas, berikut adalah jenis-jenis ular anaconda di dunia yang tersebar di beberapa negara:

1. Anaconda hijau

Anaconda hijau atau boa air adalah spesies ular yang tidak berbisa. Ia merupakan salah satu spesies ular terpanjang dan terberat di dunia.

Baca juga: Jenis-jenis Ular Kobra di Dunia

Anaconda hijau memiliki panjang sekitar 5 meter dengan berat antara 30 kg hingga 70 kg. Ada laporan yang mengatakan bahwa ular ini bisa tumbuh hingga 12 meter, namun belum ada bukti substansial yang cukup.

Sesuai dengan namanya, warna tubuh anaconda hijau adalah hijau zaitun dengan bercak berwarna hitam di sepanjang tubuhnya.

Anaconda hijau utamanya merupakan hewan nokturnal yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di dekat atau di air.

Burung, reptil, mamalia, dan ikan adalah beberapa mangsa anaconda hijau. Hewan besar seperti rusa, caiman, dan kapibara pun dapat menjadi santapan bagi anaconda hijau.

2. Anaconda kuning

Anaconda kuning atau Anaconda Paraguay adalah ular endemik Amerika Selatan. Meski tidak sebesar anaconda hijau, hewan ini tetaplah reptil raksasa.

Baca juga: Bagaimana Cara Ular Berkembang Biak?

Anaconda kuning hidup di bagian selatan benua di mana jangkauannya meliputi Paraguay, bagian selatan Brasil, Bolivia dan Argentina timur laut.

Di habitat aslinya, anaconda kuning lebih suka menghuni rawa-rawa dan sungai yang arusnya lambat.

3. Anaconda berbintik gelap

Anaconda berbintik gelap yang juga dikenal sebagai anaconda De Schauensee adalah ular endemik di bagian timur laut Amerika Selatan.

Jenis ular anaconda yang satu ini juga ditemukan di pesisir Guyana Prancis, Guayana, dan Brasil timur laut. Biasanya, anaconda berbintik gelap menghuni lahan basah dan rawa yang tergenang.

Baca juga: Mengenal Ular Viper Bertanduk, Ular Berbisa dari Gurun

4. Anaconda Bolivia

Anaconda Bolivia atau anaconda Beni adalah jenis ular anaconda endemik di Provinsi Beni, Bolivia. Ular ini bisa tumbuh hingga empat meter.

Meski anaconda Bolivia dianggap sebagai hibrida antara anaconda kuning dan hijau, ia kini diakui sebagai spesies yang berbeda.

Di habitat aslinya, anaconda Bolivia mendiami wilayah air yang berlumpur maupun rawa yang banjir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com