Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Urbanisasi dan Solusi untuk Meminimalisir Urbanisasi

Kompas.com - 22/09/2021, 19:15 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comUrbanisasi adalah proses datangnya penduduk dari desa ke kota. Umumnya, urbanisasi terjadi setiap setelah lebaran. Secara nasional, tujuan urbanisasi terbesar adalah DKI Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Penyebab dan dampak urbanisasi

Hal yang menjadi daya tarik kota bagi masyarakat yang tinggal di desa adalah kecenderungan konsentrasi kesempatan kerja dan pembangunan di perkotaan. Masyarakat desa berharap dengan datang ke kota, mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang layak demi kehidupan yang lebih baik.

Urbanisasi bukanlah hal yang baik bagi negara. Salah satu dampak buruk urbanisasi adalah tingginya angka pengangguran di kota.
Hal ini disebabkan karena sebagian datang dari desa tanpa dibekali pengetahuan dan keahlian yang memadai untuk melamar pekerjaan di kota.

Solusi untuk meminimalisir urbanisasi

Solusi yang tepat untuk meminimalisir urbanisasi adalah sebagai berikut:

1. Pembangunan yang merata

Perlu adanya keseimbangan penciptaan ekonomi dan lapangan kerja yang memadai baik di kota maupun di desa. Kegiatan ini harus difokuskan pada pembangunan sektor pedesaan, perluasan industri kecil ke seluruh negeri, dan peninjauan kembali investasi bagi daerah pedesaan.

Baca juga: Jejak Kaki Berusia 120.000 Tahun, Ungkap Rute Migrasi Manusia Purba dari Afrika

2. Mempermudah akses transportasi dan komunikasi

Pada daerah pelosok, masyarakat perlu akses transportasi yang baik untuk memperlancar proses jual beli dan distribusi produk. Sayangnya, banyak daerah pelosok yang belum mendapatkan pembangunan jalan yang memadai untuk mendukung proses ini.

Selain itu, kelancaran komunikasi tidak kalah penting. Sejak terjadi pandemi, sebagian besar sekolah menerapkan sistem belajar daring. Ini menjadi kendala karena tidak semua masyarakat desa memiliki akses ke internet.

3. Penyamarataan pendidikan

Salah satu tujuan orang merantau dari desa ke kota adalah untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Hal ini benar karena biasanya orang yang bersekolah di kota lebih mudah untuk masuk ke perguruan tinggi. Ini menunjukkan kesenjangan pendidikan di desa dan di kota.

4. Menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai

Fasilitas kesehatan yang memadai akan membantu agar masyarakat yang sakit di desa tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota untuk mendapatkan perawatan.

5. Menciptakan lapangan pekerjaan di pedesaan

Dengan melakukan pembangunan di daerah pedesaan dan menciptakan lapangan pekerjaan yang cukup, ini akan membantu mencegah terjadinya urbanisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com