Bayi Burung Belajar Berkicau Sejak Belum Menetas dari Telur

Kompas.com - 13/09/2021, 20:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebagian dari kita mungkin menganggap jika kemampuan burung untuk berkicau secara alami mereka miliki.

Tetapi dalam sebuah studi baru, peneliti menunjukkan jika kemampuan berkicau mereka itu tak didapat serta merta setelah mereka menetas.

Dalam penelitian yang dipublikasikan Philosophical Transactions of the Royal Society B Biological Sciences peneliti menyebut, jika burung mempelajarinya bahkan sejak dalam telur.

Baca juga: Ribuan Burung Pipit Berjatuhan di Bali, Peneliti BRIN Duga Ini Penyebabnya

Mengutip Science Alert, Senin (13/9/2021) dengan waktu dan pengulangan yang cukup, tampaknya bayi burung yang belum menetas menjadi terbiasa dengan suara-suara dari luar cangkangnya.

Dan ini menurut penelitian merupakan bagian penting dari perkembangan vokal mereka.

"Jauh sebelum vokalisasi yang sebenarnya, kami menemukan bahwa burung penyanyi kecil membedakan suara non spesifik dan mampu mengeluarkan non asosiatif yang membangun pembelajaran vokal pada burung," kata Diane Colombelli-Négrel dari ahli perilaku hewan dari Flinders University di Australia.

Dalam studi mereka, selama tujuh tahun antara 2012 dan 2019, para peneliti memainkan berbagai kicauan burung ke telur lima spesies yang berbeda.

Ini termasuk burung Cikrak-peri agung (Malurus cyaneus), burung gelatik bersayap merah (Malurus elegans), burung kutilang tanah kecil Darwin (Geospiza fuliginosa), penguin kecil (Eudyptula minor), dan burung puyuh Jepang (Coturnix japonica domestica).

Selama bagian pertama percobaan, para peneliti memaparkan 109 embrio dengan kicauan selama 60 detik, yang diakhiri dengan keheningan selama 60 detik.

Sementara pada bagian kedua percobaan, para peneliti memaparkan 138 embrio selama 180 detik dari kicauan burung yang sama, baik dari spesies mereka sendiri atau spesies lain, yang diakhiri sekali lagi dengan hening selama satu menit.

Hasil analisis kemudian menemukan, kalau burung terbiasa dengan suara ekstrenal yang berulang. Ini menunjukkan bayi burung memperoleh referensi vokal di otak mereka jauh sebelum mereka menetas.

Meski begitu, masih belum jelas apakah pembelajaran embrio awal ini mengubah perilaku burung ketika mereka menetas.