Sangat Mirip, Burung Lyrebird Bisa Tirukan Tangisan Bayi dengan Sempurna

Kompas.com - 06/09/2021, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Burung lyrebird jantan yang tinggal di kebun binatang Taronga Sydney, Australia membuat heboh karena bisa menirukan suara bayi menangis dengan sangat persis.

Beruntung, suara lyrebird yang memekakkan telinga itu berhasil direkam di video dan dibagikan di sosial media seperti Twitter.

Dalam rekaman itu, burung berusia 7 tahun yang dinamai Echo menirukan suara tangisan bayi manusia yang menjerit. Suaranya sama persis.

Dilansir dari IFL Science, Jumat (3/9/2021), burung yang berasal dari Australia timur dan tengah ini memang terkenal punya bakat inpresionis mengesankan dan merupakan salah satu contoh mimikri terbesar di alam.

Baca juga: Cara Bunglon Menyesuaikan Diri dengan Mimikri

Dalam biologi evolusioner, mimikri merupakan proses evolusi yang terjadi pada spesies untuk menjadi sama dengan spesies lainnya. Biasanya mimikri menyerupai suatu spesies sebagai salah satu cara menghindari bahaya, misalnya bila berhadapan dengan predator.

Di alam liar, burung lyrebird mampu meniru suara spesies lain dan suara hutan lainnya. Memang, biasanya mereka mempelajari suara-suara itu dari burung lyrebird yang lebih tua, bukan menirukan suara di lingkungan mereka secara langsung.

Sementara burung lyrebird yang tinggal di penangkaran, dikenal mampu menirukan suara antropogenik (suara dari aktivitas manusia), termasuk suara gergaji mesin.

Seekor burung lyrebird terkenal bernama Chook, misalnya, dikatakan mampu menirukan suara alat listrik ketika di kebun binatang Adelaide ada proyek pembangunan kandang untuk panda baru.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (2/9/2021), Leanne Golebiowski, pengawas unit burung di Kebun Binatang Taronga mengatakan bahwa Echo pertama kali mulai meniru tangisan bayi tahun lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.