Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2021, 18:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Indonesia diperkirakan memiliki jenis hewan yang berjumlah sekitar 220.000 jenis, yakni 200.000 jenis serangga, 4.000 jenis ikan, 2.000 jenis burung, dan 1.000 jenis reptilia serta amfibi.

Menurut Wallace, Indonesia memiliki tiga kelompok fauna, yakni fauna bagian timur (fauna australis), bagian barat (fauna asiatis), dan bagian tengah atau peralihan.

Dilansir dari buku Geografi karya L. Iskandar, fauna asiatis menempati Indonesia bagian barat, yakni Selat Makassar dan Selat Lombok.

Hewan-hewan yang hidup di wilayah tersebut sama dengan hewan yang hidup di Benua Asia, seperti gajah, harimau, badak, dan beruang.

Adapun kriteria fauna asiatis adalah binatang menyusui yang berukuran besar, terdapat berbagai jenis kera, banyak jenis ikan air tawar, dan jenis burungnya berwarna sedikit.

Baca juga: Fauna Pulau Papua

Kriteria fauna asiatis berbeda dengan fauna di wilayah lain. Misalnya, fauna australis binatang menyusuinya berukuran kecil, tidak memiliki kera, tidak banyak ikan air tawar, dan jenis burungnya sangat berwarna-warni.

Weber menentukan perbandingan hewan Asia dan Australia sama besar. Adapun hewan yang dianalisis oleh Weber adalah hewan menyusui dan burung.

Berikut adalah beberapa hewan yang termasuk fauna asiatis:

1. Bekantan

Bekantan (Nasalis larvatus) merupakan hewan dalam status konservasi terancam. Saat ini, populasi bekantan diperkirakan hanya 20 ribuan ekor di Pulau Kalimantan, Sabah, Brunei, dan Serawak.

Ciri khas yang sangat mencolok dari bekantan adalah hidung yang besar. Selain itu, bekantan jantan dan betina memiliki perbedaan fisik yang mencolok.

Baca juga: 5 Fauna Pulau Sumatera

2. Gajah Sumatera

Gajah Sumatera memiliki ciri khas tertentu yang membedakannya dari jenis gajah lainnya, terutama jika diamati dari bentuk fisik.

Ciri-ciri gajah Sumatera di antaranya adalah memiliki bobot antara 3-5 ton dengan tinggi 2-3 meter, kulitnya lebih terang dibandingkan gajah Asia lainnya, hanya gajah jantan yang memiliki gading panjang, bagian kepala memiliki tonjolan, dan kupinya berukuran lebih kecil.

3. Harimau Sumatera

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com