Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali dari Luar Angkasa, Wine dan Anggur Diteliti Ilmuwan Perancis, Ini Hasilnya

Kompas.com - 28/03/2021, 18:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Kembali dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), kapsul SpaceX turut membawa sejumlah benda untuk diteliti, salah satunya sejumlah potongan buah anggur dan beberapa botol wine asal Perancis.

Sekembalinya ke Bumi, para ilmuwan Perancis kemudian mempelajari selusin botol wine Perancis dan ratusan potongan tanaman anggur yang kembali ke Bumi setelah setahun berada di luar angkasa.

Salah satu merek minuman wine terkenal di Perancis, Chateau Petrus Pomerol, dikirim ke ISS pada November 2019 dengan kapal pemasok logistik luar angkasa, Northrop Grumman.

SpaceX juga meluncurkan 320 potongan buah anggur merlot dan wine cabernet sauvignon pada Maret tahun lalu ke luar angkasa, dikutip dari The Independent, Minggu (28/3/2021).

Baca juga: Tangkal Krisis Pangan di Bumi, Perusahaan Ini Bikin Kebun di Luar Angkasa

 

Logistik ini kemudian kembali ke Bumi pada Januari 2021 lalu dengan menaiki kapsul SpaceX Dragon.

Jane Anson, ahli minuman fermentasi anggur atau wine dan penulis The Decanter, mengatakan bahwa anggur yang bertahan di Bumi terasa 'sedikit lebih muda dibandingan yang pernah ke luar angkasa'.

Eksperimen pengiriman bahan makanan ke luar angkasa, menjadi salah satu misi untuk mempelajari tumbuhan di Bumi dapat lebih tahan terhadap perubahan iklim.

Selain itu, dengan dikirimkannya anggur dan wine ke ISS, para ilmuwan Perancis ini berharap bisa memahami proses penuaan dan fermentasi pada anggur yang kembali dari misi luar angkasa.

Baca juga: Bakteri Tak Dikenal Ditemukan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, Apa Itu?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com