Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Kemenkes Akan Tambah Bed dan Perawat

Kompas.com - 25/12/2020, 20:09 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin bersama Wakil Menteri Kesehatan RI, dr Dante Saksosno Herbuwono melakukan kunjungan ke RSCM, untuk memastikan kesiapan rumah sakit dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 setelah momen libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Menurutnya, lahan di RSCM masih memungkinkan untuk penambahan bed, yang nantinya akan digunakan untuk perawatan pasien Covid-19.

“Yang penting dilakukan adalah menambah jumlah bed, baik untuk ruang biasa dan ICU. Kebetulan di RSCM tempatnya ada, potensinya bisa ditambah sampai 100 bed,”ujar Menkes Budi dalam konfeerensi pers virtual, Jumat (25/12/2020).

Baca juga: Berapa Harga Vaksin Covid-19 Sinovac di Indonesia? Ini Penjelasan Kemenkes

Namun diungkapkan Menkes Budi, hal lain yang lebih dibutuhkan saat ini adalah kecukupan jumlah perawat untuk merawat pasien terinfeksi Covid-19 di rumah sakit.

“Ternyata yang critical bukan ruangannya, tapi perawatnya. Jumlah dokter cukup, jumlah alat kesehatan cukup, ruangan ada, tapi kita membutuhkan perawat lebih banyak,” jelasnya.

Wamenkes, dr. Dante menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan salah satu direktur RSCM, untuk memenuhi kecukupan jumlah perawat dengan membentuk program relawan.

“Dengan model relawan ini, kebutuhan jumlah perawat yang kurang akan lebih cepat terpenuhi,” kata dr. Dante.

Baca juga: Total 146 Perawat Wafat Akibat Covid-19, Penularan Banyak Terjadi di Puskesmas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com