Waspada Potensi Banjir dan Karhutla 2021, Ini Daftar Wilayahnya

Kompas.com - 25/12/2020, 18:09 WIB
Ilustrasi hujan lebat di daerah tropis. SHUTTERSTOCKIlustrasi hujan lebat di daerah tropis.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat perlu mewaspadai potensi banjir dan titik api di tahun 2021 mendatang.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, potensi banjir perlu diwaspadai, mengingat peristiwa banjir bandang yang terjadi di sejumlah wilayah, terutama DKI Jakarta yang menjadi sorotan nasional bahkan internasional. 

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer dan prakiraan curah hujan bulanan, diprakirakan kondisi musim hujan hingga Maret 2021 akan bersifat normal sampai atas normal atau cenderung lebih basah dari biasanya, atau bila dibandingkan dengan musim hujan tahun lalu," kata Dwikorita.

Baca juga: Musim Hujan, Ketahui 4 Faktor Pemicu Banjir dan Mitigasinya

BMKG mengingatkan, agar masyarakat waspada terhadap prospek iklim yang bisa berdampak meningkatnya potensi banjir dan titik api.

Potensi banjir meningkat

Secara umum, curah hujan bulan Januari hingga Maret 2021 diprakirakan berkisar antara 200-500 mm per bulan, atau cenderung lebih tinggi dibandingkan tahun 2020.

Bahkan, untuk wilayah di sebagian Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua diprakirakan mendapatkan curah hujan bulanan lebih dari 500 mm per bulan.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, beberapa daerah diprakirakan akan mendapatkan peningkatan curah hujan 40 persen hingga 80 persen lebih tinggi dari curah hujan di tahun 2020.

Di antara wilayah tersebut adalah sebagai berikut.

- Aceh

- Sumatera Utara

- Jambi

- Riau

- Banten bagian selatan

- Sebagian Jawa Tengah

- Jawa Timur

- Bali

- Nusa Tenggara

- Kalimantan Timur

- Kalimantan Utara

- Sebagian besar Sulawesi kecuali Sulawesi Selatan

- Maluku

- Maluku Utara

- Papua Barat

- Sebagian Papua

Peningkatan curah hujan tersebut berpotensi meningkatkan peluang banjir di Indonesia pada bulan Januari-Maret 2021, khususnya di Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Baca juga: Ambil Pelajaran Banjir Jakarta, Puncak Musim Hujan Diprediksi Januari 2021

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X