Cara Gratis Cek Kesehatan Jantung, Naik Tangga 4 Lantai

Kompas.com - 25/12/2020, 10:03 WIB
Ilustrasi menaiki tangga ShutterstockIlustrasi menaiki tangga

KOMPAS.com - Menaiki tangga empat lantai berpotensi menjadi cara mudah dan gratis untuk memeriksa kesehatan jantung.

Hal ini diungkapkan oleh tim peneliti asal Spanyol yang mempresentasikan hasil studi terbaru mereka dalam rapat ilmiah European Society of Cardiology.

Salah satu penulis studi dan pakar kardiologi Dr Jesus Peteiro mengatakan, tes tangga ini adalah cara mudah untuk mengecek kesehatan jantung Anda.

"Jika Anda butuh waktu lebih dari 1,5 menit untuk menaiki empat tingkat tangga, kesehatan Anda tidak optimal dan sebaiknya berkonsultasi ke dokter," ujarnya.

Dalam studi ini, tim peneliti mengukur kapasitas olahraga dari 165 partisipan yang disebut METs atau metabolic equivalent.

Baca juga: Pembengkakan Jantung Bukan Penyakit, Ini Gejala hingga Pencegahannya

Para partisipan diambil nilai METs-nya dua kali. Pertama ketika berlari atau berjalan di treadmill hingga kelelahan, dan kedua ketika diminta menaiki tangga empat lantai (60 anak tangga) secepat mungkin tanpa berlari.

Hasilnya, para partisipan yang berhasil menyelesaikan tangga empat lantai dalam waktu 40-45 detik didapati memiliki nilai METs 9-10. Sementara itu, partisipan yang butuh waktu 1,5 menit atau lebih mendapat nilai METs kurang dari delapan.

Padahal, studi sebelumnya telah menemukan korelasi antara nilai METS dengan risiko kematian.

Nilai METs 10 dikorelasikan dengan risiko kematian 1 persen per tahun atau 10 persen dalam 10 tahun, sedangkan nilai METs kurang dari delapan ditemukan berkorelasi dengan risiko kematian 2-4 persen per tahun atau 30 persen dalam 10 tahun.

Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung di Masa Pandemi Covid-19

Hanya bisa menjadi indikasi

Meski demikian, perlu dicatat bahwa tes menaiki tangga hanya bisa menjadi indikasi, dan bukan pengganti evaluasi kesehatan jantung yang lebih komprehensif.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X