Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Sakit Penuh, Libur Panjang Picu Peningkatan Pasien Covid-19

Kompas.com - 25/11/2020, 19:04 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Penularan Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Hal itu tampak dari peningkatan keterisian tempat tidur di rumah sakit di sejumlah provinsi.

Pernyataan itu disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangannya lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

"Saya sampaikan saat ini terjadi peningkatan tren pasien yang masuk rawat jalan IGD dan juga rawat inap dibandingkan periode sebelum libur panjang," kata Wiku.

Wiku menambahkan peningkatan tersebut berdampak pada ketersediaan tempat tidur di berbagai rumah sakit di berbagai daerah.

Baca juga: Positif Covid-19 Tinggi ICU Rumah Sakit Semakin Penuh, Begini Strategi dari Ahli

 

Peningkatan pasien Covid-19 salah satunya yang terjadi di Provinsi Banten. Rumah sakit rujukan Covid-19 di daerah ini tingkat keterisian tempat tidur mengalami peningkatan.

Saat ini, keterisian tempat tidur rumah sakit di daerah tersebut sudah mencapai 97 persen untuk ruang ICU-nya atau 115 tempat tidur telah terisi. Sedangkan keterisian ruang isolasi mencapai 80 persen atau 1.413 tempat tidur telah terisi.

Kondisi rumah sakit penuh pasien Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia juga diakui Ketua Departemen Menejemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Irwandy, SKM, MScPH, MKes.

Baca juga: ICU Jakarta Menipis, Ahli Ingatkan Rumah Sakit di Indonesia Perlu Waspada

 

"Kalau kita perhatikan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit, seminggu belakangan ini mulai memperlihatkan tren peningkatan baik di ruang perawatan isolasi maupun ICU," ungkap Prof Irwandy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/11/2020).

Puncak kasus baru Covid-19

Prof Irwandy mengatakan kondisi ini adalah dampak dari masih kurangnya kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Tidak hanya itu, kondisi penuhnya rumah sakit juga disebabkan oleh pergerakan masyarakat yang cukup besar sewaktu libur panjang diakhir Oktober lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com