Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungkap Detil Embrio Dinosaurus Pemakan Tumbuhan, Peneliti Lakukan Ini

Kompas.com - 30/08/2020, 10:13 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Pemindaian yang dilakukan oleh peneliti berhasil mengungkap tampilan paling mendetail dari embrio Titanosaurian atau Titanosaurus, kelompok sauropoda yang merupakan dinosaurus pemakan tumbuhan.

Hasil pemindaian ini pun memberikan wawasan sangat berharga tentang bagaimana perkembangan dinosaurus pemakan tumbuhan yang dikenal memiliki leher yang panjang itu.

Seperti dikutip dari IFL Science, Jumat (28/8/2020) peneliti menggunakan teknologi pencitraan baru yang disebut synchrotron microtomography untuk menganalisis embrio titanosaurian.

"Embrio kecil ini menunjukkan bagaimana kondisi salah satu kelompok dinosaurus terbesar tersebut sebelum menetas," ungkap Martin Kundrat, penulis utama studi ini.

Baca juga: Fosil Baru dari Zaman Dinosaurus, Predator Besar dalam Perut Apex Predator Laut

 

Penelitian yang dilakukan Pavol Jozef Safarik University, Slovakia serta Uppsala University, Swedia dan telah dipublikasikan dalam jurnal Current Biology ini pun berhasil menemukan hal yang menarik setelah melakukan pemindaian.

Tim peneliti akhirnya dapat mempelajari dengan cermat struktur bagian dalam tulang, gigi, dan jaringan lunak.

Pemindaian juga berhasil mengungkap hal lain dari sauropoda. Peneliti menemukan jika embrio memiliki pengelihatan binokuler, di mana mata mampu menghadap ke arah yang sama.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com