Kompas.com - 29/08/2020, 10:00 WIB
Suasana lumpur Kesongo di kawasan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Randublatung, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (28/8/2020). DOKUMEN POLSEK JATISuasana lumpur Kesongo di kawasan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Randublatung, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (28/8/2020).

KOMPAS.com - Terjadi semburan kawah lumpur panas di kawasan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Randublatung, Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Kamis (27/8/2020) pagi.

Meletusnya lumpur panas tersebut sementara diduga sebagai mud volcano yang biasanya terjadi di dekat daerah-daerah yang mengandung minyak dan gas bumi.

Sementara itu, area di sekitar Grobogan, Cepu, dan Blora adalah daerah cekungan minyak.

Peneliti di Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Prof Dr Ir Jan Sopaheluwakan MSc, menjelaskan, mud volcano adalah gejala menyemburnya lumpur menyerupai gunung berapi. Namun, ini tidak ada hubungannya dengan kegunung-apian.

Baca juga: Fenomena Semburan Lumpur di Blora Diduga Mud Volcano, Apa Itu? Ini Penjelasannya

"Sekitar 2,5 km dari lokasi Gabusan, kalau dilihat di Google Earth terdapat penampakan morfologis melingkar agar keputihan warnanya yang saya duga adalah mud volcano yang lebih tua," kata Jan kepada Kompas.com, Jumat (28/8/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, pada tahun 2013 silam juga terjadi fenomena yang sama di titik lokasi tersebut.

Apakah ada kemungkinan terjadi lumpur Lapindo II?

Munculnya lumpur panas ini membuat khawatir warga sekitar karena takut fenomena ini akan menimbulkan dampak seperti lumpur Lapindo di Sidoarjo.

Bagaimana tanggapan ahli dan adakah potensi terjadinya bencana lumpur seperti di Sidoarjo?

Peristiwa lumpur Sidoarjo bermula dari banjir lumpur panas yang terjadi pada 29 Mei 2006.

Semburan lumpur panas Sidoarjo itu telah menenggelamkan kawasan permukiman, pertanian, dan perindustrian di tiga kecamatan Porong dan sekitarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X