Ikan di Lautan Hadapi Ancaman Pemanasan Global, Ini Dampaknya

Kompas.com - 10/07/2020, 18:00 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Ada banyak alasan mengapa dunia harus mencegah pemanasan global

Jika peningkatan suhu akibat pemanasan global dibiarkan, ini akan berpengaruh pada setiap kehidupan di muka Bumi, termasuk ikan.

Melansir New Scientist, Kamis (2/7/2020) dalam menghadapi kenaikan suhu ini, ikan berada pada risiko yang jauh lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Peneliti menyebut bahwa embrio dan ikan dewasa yang bertelur lebih rentan terhadap suhu laut yang menghangat akibat pemanasan global.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Semua Terlahir Jantan, Bagaimana Ikan Badut Bereproduksi?

Skenario terburuk yang dibuat peneliti adalah pada 2100 nanti suhu global akan naik hingga 5 derajat Celsius.

Kalau ini sampai terjadi, sekitar 60 persen spesies ikan tak akan mampu mengatasi kenaikan suhu tersebut.

Bahkan bila masyarakat dunia mematuhi kesepakatan Paris untuk menahan laju kenaikan suhu tetap di bawah 1,5 derajat Celsius itu akan tetap terlalu panas untuk 10 persen ikan di lautan.

Hasil studi ini pun cukup mengejutkan, mengingat ikan sangat penting bagi nutrisi manusia.

"Jadi penelitian ini menjadi bukti kuat untuk melindungi ekosistem dan lingkungan alama kita," ungkap Hans-Otto Pörtner, peneliti dari Alfred Wegener Institute, Bremerhaven, Jerman.

Studi ini dilakukan dengan menganalisis literatur ilmiah dari 694 spesies ikan tawar dan laut mengenai tolerasi panas.

Selanjutnya peneliti membandingkan tingkat ketahanan berdasarkan ikan dewasa yang bertelur dan yang tak bertelur, larva, dan embrio.

Tim peneliti menemukan kalau tingkat kerentanan lebih besar terjadi pada embrio serta ikan dewasa yang bertelur. Dan ini merupakan sebuah keprihatinan.