Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manusia Purba Simpan Bola-bola Misterius Sejak 2 Juta Tahun Lalu, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 17/04/2020, 20:30 WIB
Monika Novena,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Situs arkeologi di belahan bumi utara masih menyisakan misteri. Pasalnya di tempat-tempat tersebut, sering ditemukan bola-bola yang terbuat dari batu. Beberapa di antaranya bahkan berumur 2 juta tahun.

Belum ada yang tahu apa kegunaannya, namun tanda-tanda menunjukkan bola-bola misterius itu sengaja dibuat.

Setelah sekian lama sebuah tim peneliti internasional yang dipimpin arkeolog Ella Assaf dari Universitas Tel-Aviv, Israel berhasil mengungkap fungsi bola-bola tersebut.

Baca juga: Manusia Purba Buat Lingkaran dari Tulang Mammoth, Apa Fungsinya?

Seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (17/4/2020) bola-bola itu menurut peneliti digunakan oleh nenek moyang kita untuk menghancurkan tulang sehingga mereka bisa mengambil sumsum yang bergizi di dalam tulang tersebut.

Peneliti mendapatkan kesimpulan itu berdasarkan pemeriksaan terhadap sepuluh batu yang ditemukan di Gua Qesem, sebuah situs Paleolitik Bawah yang dihuni oleh manusia purba antara 400.000 dan 200.000 tahun yang lalu.

Dari hasil analisis, peneliti menemukan residu dari sumsum tulang di bola-bola batu. Para peneliti juga membuat replika batu untuk validasi hipotesis bahwa benda tersebut memang digunakan untuk menghancurkan tulang dan mengekstraksi sumsum tulang.

"Hasil percobaan kami menunjukkan morfologi dan karakteristik replika bola batu bentunya sangat cocok untuk ekstraksi sumsum tulang. Jadi kita sudah mengetahui alasan penggunaan dan mengapa bola-bola ini ada di Gua Qesem," papar Ella Assaf.

Baca juga: Dikira Telur, Kadal Khas Australia Telan Enam Bola Golf

Sumsum tulang punya peran penting sebagai sumber nutrisi para hominin. Saking pentingya mereka akan menyimpannya hingga berminggu-minggu.

Kini kita tak hanya tahu bagaimana berharganya bahan makanan tersebut. Studi mengenai bola-bola batu misterius itu akhirnya juga membuktikan jika manusia purba cukup pintar dalam menggunakan peralatan untuk mendapatkan sumber makanan.

Penelitian ini telah dipublikasikan di PLOS One.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com